1. jelaskan proses pencernaan dengan lengkap!
2. sebutkan 3 bagian lambung!
3. sebutkan 3 bagian usus halus!
4. sebutkan enzim dan fungsinya yang berasal dari kelenjar pankreas!
jelaskan mekanisme seseorang dapat terdesak!

2

Jawabanmu

2014-02-21T21:37:11+07:00
Berlangsung di saluran pencernaan dan dibantu oleh kelenjar pencernaan........2.kardia,fundus,pilorus.....3.usus 12 jari,usus kosong , usus penyerapan....4.amilase:untuk menguraikan zat tepung menjadi zat gula,tripsin:menguraikan protein menjadi asam amino,lipase:mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol(maaf klo gk lengkap)
1. ronnga mulut - faring-laring-trakea-bronkus-bronkiolus-alveolus-paru-paru 2. kardiak, fundus, pilorus. 3. usus 12 jari, usus kosong, usus penyerapan. 4. enzim tripsin = protein menjadi asam amino , enzim amilase = mengubah amilum menjadi maltosa, enzim lipase = menguraikan lemak hasil emulsi menjadi asam lemak dan gliserol. 5. karena epiglotis tidak menutup laring, sehingga makanan yang sedang dicerna masuk di saluran tenggorokan.
Jawaban paling cerdas!
2014-02-21T21:38:45+07:00
1.Pencernaan dimulai dari makanan diproses dalam mulut.Prosesnya berupa penghancuran oleh gigi dan pelumatan oleh enzim ptyalin untuk memecah amilum menjadi glukosa.Setelah itu makanan melewati kerongkongan dan bergerak ke lambung melalui gerak peristaltik.Dilambung terjadi pencernaan secara kimiawi oleh enzim HCl,Renin,dan Pepsin.Setelah itu makanan masuk ke usus halus dan terjadi penyerapan oleh ileum dan pencernaan kimiawi oleh enzim tripsin,lipase,dan amilase yang dihasilkan oleh pankreas.Selanjutnya makanan masuk ke usus besar untuk mengalami pembusukan oleh bakteri E. coli dan pengaturan kadar air untuk menjadi feses.Terakhir feses masuk ke rektum untuk ditampung dan akhirnya dikeluarkan melalui anus

2.Kardia,Fundus,Pilorus

3.duodenum,ileum,Jejunum

4.Tripsin : mengubah pepton menjadi asam amino
   Lipase : mengubah lemak menjadi  asam lemak dan gliserol
   Amilase : mengubah amilum menjadi maltosa

Proses tersedak adalah :
Dibagian Faring terdapat katup epiglotis yang berfungsi untuk mencegah makanan masuk ke saluran udara.Ketika kita makan,kita dilarang berbicara karena berbicara membutuhkan oksigen.Apabila kita berbicara maka katup epiglotis tersebut akan terbuka dan makanan masuk ke saluran udara sehingga mengganggu pernafasan kita dan menjadi tersedak.
1 5 1