1) Suku kedua deret aritmatika adalah 6 dan suku kesepuluh adalah 22. Jumlah dua puluh suku pertama deret itu adalah ....


2) Seorang karyawan perusahaan diberi upah pada bulan pertama sebesar Rp600.000,00 . Karena ia rajin , jujur , dan terampil , setiap bulan upahnya ditambah Rp10.000,00 . Jadi , upah karyawan tersebut pada bulan ke-12 adalah ....

2

Jawabanmu

2013-12-28T11:45:40+07:00
1. S₂ = 6
  S₁₀ = 22
Sn = ?
Sn =  \frac{n}{2} (2U+(n-1)b)

b =  \frac{Ux-Uy}{x-y}  

b =  \frac{22-6}{10-2}

b = 16/8 = 2

Sn =  \frac{20}{2}(2 . 6 + (20-2.2 +1)2)

Sn = 10.(12 + 34)
Sn = 460

2. S₁ = 600.000
n = 10.000
S₁₂ = ?
S₁₂ = S₁ + n.12
      = 600.000 + 10.000x12
      = 720.000
maaf yang nomer 2 tuh jawabannya bukan itu.. menurut kunci jawaban akku tuh jawabannya 710.000,00 .. jadi gimana ?? apa jalannya juga ada yang mau digantii ??
emang 710.000 salah hitung hehe, maaf
Jawaban paling cerdas!
2013-12-28T11:56:46+07:00
U_2=6\\
U_{10}=22\\\\
U_{10}=U_2+(10-2)b\\
U_{10}=U_2+8b\\
22=6+8b\\
16=8b\\
b=2

U_1=U_2+(1-2)b=U_2-b=6-2=4\\
U_{20}=U_2+(20-2)b=U_2+18b=6+18(2)=42\\\\
S_{20}= \frac{20}{2}(U_1+U_{20})\\
S_{20}= \frac{20}{2}(4+42)\\
S_{20}= 10(46)\\ 
S_{20}= 460\\


2.
a=600.000
b=10.000
U12 = a +11b = 600.000 +11(10.000) = 600.000 + 110.000 = 710.000
1 5 1