Jawabanmu

2014-09-01T18:05:27+07:00
Pertumbuhan : kuantitatif (dpt dihitung), dialami oleh anak2, bertambahnya volume, jumlah zat pd tubuh
perkembangan : kualitatif, dialami di setiap fase

Jawaban paling cerdas!
2014-09-01T18:09:49+07:00
“Pertumbuhan” hanya berarti “peningkatan ukuran dan massa dari organisme tertentu selama periode waktu” sedangkan, “perkembangan” adalah subjek yang lebih luas. “Perkembangan” didefinisikan sebagai pertumbuhan hanya tentang seberapa besar organisme ini “suatu proses dimana organisme tertentu mengubah dirinya dari sebuah sel tunggal menjadi organisme multiseluler lebih rumit.”

atau

Pertumbuhan adalah peristiwa biologis pada mahluk hidup berupa perubahan ukuran yg bersifat tidak reversibel atau tidak dapat kembali ke asal,
sedangkan perkembangan adalah perubahan struktur dan fungsi yg bersifat spesifik menuju tercapainya kedewasaan 

Perbedaan Pertumbuhan: 
- Dapat diukur 
- Bersifat kuantitatif 
- Berlangsung secara cepat pada awal usia hingga remaja 
- Memiliki batasan usia 

Perkembangan: 
- Tidak dpt diukur 
- Bersifat kualitatif 
- Berlangsung di setiap fase kehidupan 
- Tidak terbatasi usia 

Contoh: 
Pertumbuhan: 
- Bertambahnya tinggi, berat badan bisa naik ataupun turun.

Perkembangan: 
- Emosi yg masih labil, dan tergesa gesa dlmmengambil keputusan 
- Perubahan ketertarikan terhadap sesuatu, sesuatu yg dianggapnya menarik ketika masih kanak2, kini sudah tdkmenarik lagi 
- Dll
2 4 2