Yg tahu tolong dijawab ya
1) sebuah transformator dihubungkan dengan tegangan 200 volt menghasilkan tegangan 20 volt. jika kumparan Input 1000 lilitan maka hitunglah jumlah lilitan kumparan output?

2) sebuah trafo menggunakan kumparan dengan perbandingan jumlah lilitan Primer dan Sekunder 1:5, trafo tersebut dihubungkan dengan tegangan 30 volt, jika daya keluaran trafo 50 watt maka tentukan besar arus sekundernya?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-21T19:52:25+07:00
1. dik:
Vs=20 volt
Vp=200 volt
Np=1000
Ns=?
Vs/Vp=Ns/Np
20/200=Ns/1000
Ns=100

2. dik
Ns/Np=5/1
Vp=30volt
Ps=50watt
Is=?
Ns/Np=Vs/Vp
5/1=Vs/30
Vs=150
Is=Ps/Vs
=50/150=0,3A
2014-02-21T20:58:36+07:00
1. Vp/np = Vs/ns
200/1000 = 20/ns
ns = 20 x 1000/200
ns = 100 lilitan

2. Vp/np = Vs/ ns
30/1 = vs/5
vs = 5x30/1
vs = 150 volt