1).tentukanlah tema cerpen tersebut
2). tentukan lah perwatakan tokoh pada cerpen itu
a. ibnu (aku) :
b. Ayah :
PENYEBUTAN PERWATAKAN TOKOH HARUS DISERTAI ALASAN!
3).Tentukan latar pada cerita tersebut , baik latar tempat maupun latar waktu
4). Buatlah sinopsis cerpen tersebut

tolong bantuin dong
sebelumnya terima kasih

1

Jawabanmu

2014-09-01T17:30:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. tema : manfaat air wudlu
2. perwtakan tokoh :
ibnu:pemarah,
ayah:penyabar,rendah hati
3. tempat;tempat belajar, kamar mandi
waktu: siang
sinopsis cerita : "ketika aku memandangi wajah ayahku, terliha begitu bersih, dahinya yang mengkilap karena sering bersujud di tikar sembahyang. bahkan aku sering heran dengan ayahku, yang setiap hari mengambil air wudlu, walaupun tidak hendak sembahyang.
  pernah suatu ketika aku bertanya. namun belia hanya membalsku dengan sebuah senyuman.
suatu hari adikku menumpahkan tinta dibuku buku milikku. aku sontak marah kepada adikku tersebut. tiba2 ayah datang dan menyuruhku untuk mengambil air wudlu. aku menjawab kalau sekarang belum waktu isya. tetapi ayahku membalas " kerjakan saja pa yang kusuruh " begitu katanya.
seketika itu akupun segera menimba air untuk mengambil air wudlu. setelah aku mengmbil air wudlu itu, tubuhku yang terkena air itu tersa segar ditubuhku. lalu aku melihat adikku yang sedang merapikan meja yang terkena tinta. ayah berkata bahwa bukuku sudah diganti. aku hanya terdiam. ayah berkata lagi bahwa marah itu berasal dari setan, dan setan itu terbuat dari api. jadi api harus disiram dengan air. aku tersenyum, lalu aku berkata kepada adikku lain kali harus hati2. selesai.