Jawabanmu

2014-09-01T15:36:51+07:00
Fotosintesis dimulai ketika cahaya mengionisasi molekul klorofil pada fotosistem II, membuatnya melepaskan elektron yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron. Energi dari elektron ini digunakan untuk fotofosforilasi yang menghasilkan ATP, satuan pertukaran energi dalam sel. Reaksi ini menyebabkan fotosistem II mengalami defisit atau kekurangan elektron yang harus segera diganti. Pada tumbuhan dan alga, kekurangan elektron ini dipenuhi oleh elektron dari hasil ionisasi air yang terjadi bersamaan dengan ionisasi klorofil. Hasil ionisasi air ini adalah elektron dan oksigen.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-01T16:56:53+07:00
Tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof artinya
dapat mensintesis makanan langsung dari
senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan
karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula
danoksigen yang diperlukan sebagai makanannya.
Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari
fotosintesis. Berikut ini adalah persamaan reaksi
fotosintesis yang menghasilkan glukosa:
Glukosa dapat digunakan untuk membentuk
senyawa organik lain seperti selulosa dan dapat
pula digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini
berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi
baik pada hewan maupun tumbuhan. Secara
umum reaksi yang terjadi pada respirasi seluler
berkebalikan dengan persamaan di atas. Pada
respirasi, gula (glukosa) dan senyawa lain akan
bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan
karbon dioksida, air, dan energi kimia.
Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan
pigmen yang disebut klorofil. Pigmen inilah yang
memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil
terdapat dalam organel yang disebut
kloroplas.klorofil menyerap cahaya yang akan
digunakan dalam fotosintesis. Meskipun seluruh
bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau
mengandung kloroplas, namun sebagian besar
energi dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat
lapisan sel yang disebut mesofil yang
mengandung setengah juta kloroplas setiap
milimeter perseginya. Cahaya akan melewati
lapisan epidermis tanpa warna dan yang
transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya
sebagian besar proses fotosintesis. Permukaan
daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang
bersifat anti air untuk mencegah terjadinya
penyerapan sinar Matahari ataupun penguapan
air yang berlebihan.
Fotosintesis pada alga dan bakteri
2 5 2