Jawabanmu

2014-09-01T13:52:12+07:00
1 .Pilihlah salah satu member untuk memikul tanggung jawab sebagai konseptor (song writer), setidaknya yang mempunyai wawasan luas dalam dunia musik. Perbanyaklah mendengar lagu-lagu lintas genre dari masa ke masa, dari sini sah saja bila kemudian konseptor menjadikan salah satu lagu yang pernah didengarnya untuk dijadikan inspirasi. Ingat, manusia bukanlah pencipta akan sesuatu yang belum pernah ada. Manusia mampu mengolah yang ada untuk dijadikan sesuatu yang baru.
2 .Selalu siap dengan alat rekam di mana pun kita berada. Kadang sering terlintas ide nada yang datang secara tiba-tiba, dan itu harus segera disimpan. Tapi ada juga sebagian orang yang mampu merekam dalam pikirannya, mungkin karena pilihan nadanya lebih umum. Proses ini bisa terjadi dalam bentuk reff lagu ataupun notasi nada vokal yang siap diteruskan menjadi lirik. Lirik atau musik terlebih dulu, bukan sebuah masalah.
3 .Komunikasikan ide tersebut dengan rhythm session dalam band (bass dan drum), lalu lakukan jamming session dengan gitar sebagai pembentuk pola (pattern guidance).
4 .Song writer juga harus punya sikap toleran terhadap ide dari personil lainnya pada saat pengaransemenan dimulai. Bisa jadi 80% atau lebih konsep berubah dari konsep awal. Mungkin juga terjadi pembongkaran lirik secara besar-besaran. Hal seperti itu sangat wajar terjadi karena sebuah band bukan “one man show”, tapi harus menampung semua kontribusi membernya.Setelah kerangka lagu menjadi bentuk yang lebih solid, tugas gitaris ataupun keyboardis memoles dengan sentuhan estetisnya. Tak perlu berlebihan dalam mengisi tiap bagiannya. Yang harus diingat adalah konsep awal dan kebutuhan lagu itu sendiri.
5. Sebelum melangkah ke jalur recording, pastikan lagu itu telah selesai dikerjakan sesuai dengan bagian dan kemampuan masing-masing player. Hal ini berguna agar kita dapat menggunakan shift recording secara optimal ketika masuk ke studio rekaman.Tidak perlu berharap terlalu jauh akan kesuksesan karya tersebut. Jadikan hal ini sebagai tanggung jawab musisi untuk berkarya. Ketika proses ini berjalan terus menerus, maka kita dapat belajar untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik ke depannya.


semoga membantu :)