Jawabanmu

2014-09-01T10:47:38+07:00
Percaya diri, Menguasai apa yang akan dipresentasikan, lantang dalam berbicara, memutuskan urat malu(gitu lah)
2014-09-01T11:07:48+07:00
Pertama, pembukaan, misalnya, "Selamat pagi. Yang terhormat Ibu .... (sambil noleh ke gurunya), dan teman-teman, ..............." sudah selesai pembukaannya, baru jelasin materinya. Materinya jangan terlalu bertele-tele, nanti banyak yang males dengerin, apalagi kalau pematerinya cuma baca teks yang ada di presentasinya tanpa ada eye-contact dengan pendengar, alhasil  kamu cuma cuap-cuap sendiri.
Tekankan pada maksud (tujuan) dan bagian terpenting dari presentasi, jangan sampai pendengar nggak memahami apa "inti" dari presentasinya. Di slide power point tampilkan bagian intinya saja, kamu yang menjelaskan bagian inti tsb., jangan terlalu banyak animasi yang gak perlu, tulisan loncat-loncatlah, dll. 
Di bagian akhir presentasi juga ingatkan lagi hal-hal penting yang sudah dipresentasikan, terlalu banyak materi yang disampaikan membuat  pendengar agak kesulitan untuk mengingat hal-hal penting yang sudah dijelaskan, jadi bagian akhir presentasi  usahakan hanya berisi ulasan dari hal-hal penting tadi.
Selesai presentasi, izinkan pendengar untuk bertanya, ini termasuk salah satu  cara menilai presentasi tadi baik atau tidak, kalau banyak pertanyaan yang masuk, berarti pendengar memperhatikan kalian saat presentasi tadi, dan juga tanda kalau pendengar antusias dengan materi yang telah diberikan.

Semoga presentasinya berhasil :)