Raksa (Hg) dapat membentuk kompleks dengan darah apabila terpapar ke dalam tubuh sehingga sangat berbahaya.kelebihannya dapat mengukur suhu yang tinggi

Jawabanmu

2014-02-21T15:46:32+07:00
Raksa: kelebihan......mudah memuai
          kekurangan......juka kena kulit akan melepuh
alkohol : kelebihan.......mudah memuai
             kekurangan......tidak bisa mengukur suhu tinggi
2 3 2
Jawaban paling cerdas!
2014-02-21T15:47:16+07:00
1. TERMOMETER AIR RAKSA
- Kelebihan dari Termometer Air Raksa, antara lain :a. Jangkauan suhu air raksa cukup lebar, karena air raksa membeku pada suhu -40C       dan mendidih pada suhu 360C .b. Air Raksa mudah dilihat karena mengkilat.c. Pemuaiannya sangat teratur.d. Terpanasi secara merata, sehingga perubahan suhu sangat cepat.e. Air Raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya menjadi teliti.f. Air Raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur.
- Kekurangan dari Termimeter Air Raksa, antara lain :a. Sukar diperoleh sehingga air raksa harganya cukup mahal.b. Air Raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah (<-400C)c. Air Raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.
2. TERMOMETER ALKOHOL
- Kelebihan dari Termometer Alkohol, antara lain :a. Alkohol harganya murah dan mudah mendapatkannya di pasaran.b. Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah, sebab titik beku alkohol -1300Cc. Alkohol lebih teliti, sebab untuk kenaikkan suhu yang sangat kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar.

- Kekurangan dari Termometer Alkohol, antara lain :a. Tidak dapat mengukur suhu tinggi, karena titik didihnya rendah (78C).b. Membasahi dinding kaca.c. Alkohol tidak berwarna, sehingga perlu memberi pewarna terlebih dahulu agar dapat dilihat.
8 3 8