Jawabanmu

2014-09-01T01:03:56+07:00
Negara Indonesia yang berada di antara 2 samudera, yakni samudera hindia & samudera pasifik, serta antara 2 benua yakni benua australia dan benua asia sangat mempengaruhi keberadaan 2 musim di Indonesia. hal ini sangat dipengaruhi oleh angin musim (monsun) yang memiliki 2 jenis :
a.  angin monsun barat
angin monsun barat berhembus dari benua asia ke benua australia, dan terjadi dari bulan oktober-april. hal ini dikarenakan pada saat itu, daratan asia lebih panas dari daratan australia sehingga tekanan udara di daerah asia lebih rendah dibandingkan daerah australia. angin pun bergerak menuju australia dengan memebawa uap air dari samudera hindia sehingga pada saat melalui Indonesia, uap air jatuh sebagai hujan di Indonesia.
b. angin monsun timur
angin monsun timur berhembus dari benua australia ke benua asia, dan terjadi dari bulan april-oktober. hal ini dikarenakan pada saat itu, daratan australia lebih panas dari daratan asia sehingga tekanan udara di daerah australia lebih rendah dibandingkan daerah asia. angin pun bergerak menuju asia dengan membawa uap panas dari daerah gurun di australia barat sehingga pada saat melalui Indonesia, tak ada uap air yang jatuh di Indonesia sehingga menjadikan wilayah Indonesia terkena musim kemarau.
1 5 1