Jawabanmu

  • Mace
  • Gemar Membantu
2014-08-31T23:34:28+07:00
merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polongpolongan,
- membukanya dinding sporangium (kotak spora) paku-pakuan
- membentang dan menggulungnya gigi-gigi peristoma pada sporangium lumut

Jawaban paling cerdas!
2014-08-31T23:36:51+07:00
Gerak yang disebabkan perubahan kadar air disebut gerak endodom
Contohnya :
a. Endonom nutasi yang merupakan gerakan spontan (gerak aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata).

b. Endonom higroskopis yaitu akibat kadar air yang rendah (contoh : pecah kacang polong-polongan saat kering)