Jawabanmu

2014-08-31T22:41:13+07:00
Mungkin waktu dahulu pulau2 disekitar indo dan indo menyatu jadi manusia bisa melewati pulau tersebut. dan sebagian dari mereka mungkin menggunakan kapal/perahu karena memang tidak jadul2 banget pada masa itu
ada jawaban lain?
itu hanya jawaban menurut pandanganku kalau mau mencari lebih detail bisa cari di gugel dengan keyword "persebaran manusia purba ke indonesia" semoga membantu :)
ok thx
Jawaban paling cerdas!
2014-08-31T22:43:13+07:00
Prof Dr Kern mengemukakan  bahwabangsa indonesia berasal dari asia dan dan pada ras mongoloid dijelaskan bahwa manusia tersebar melalui jalur darat  sebab saat itu bagian darat indonesia masih bersatu dengan kawasan asia tenggara
ada gan, pada masa itu terbagi menjadi 2 ras di indonesia yaitu ras mongoloiddan austroloid
makasih yoo
ras austroloid : ras ini berpusat di australia dan menyebar ke indonesia bagian timur khususnya di wilayah papua karena pada saat itu papua masih bersatu dengan benua australia dan ini penyebaranya sama yaitu melalui jalur darat, perkembanganya daratan yang menjadi lautan disebut paparan sahul
jadi awalnya ras nenek moyang bangsa indonesia adalah ras Mongoloid dan Austroloid perkembangan selanjutnya pada tahun 2000SM mulai terjadi migrasi/ perpindahan ras ke berbagai daerah indonesia
ok thx ya