Jawabanmu

2014-02-21T11:39:09+07:00
Unsur deklaratif adalah unsur yang sifatnya pernyataan dan bersifat melengkapi unsur konstitutif. termasuk unsur ini adalah pengakuan dari negara lain, baik secara de jure maupun secara de facto, dan masuknya negara ke dalam perimpunan bangsa-bangsa (PBB).

1.Pengakuan dari negara lain.
       Pengakuan dari negara lain merupakan perbuatan bebas oleh satu negara atau lebih untuk mengakui keberadaan suatu wilayah yang di huni suatu masyarakat secara politis dan terorganisasi. Tujuan pengakuan negara yang satu terhadap negara yang lain adalah untuk memungkinkan hubungan antara negara-negara, misalnya dalam hubungan diplomatik, hubungan perdagangan, hubungan kebudayaan, dan lain-lain.

2.Pengakuan secara de facto.
       Pengakuan secara de facto adalah pengakuan atas fakta adanya negara/mengakui suatu negara yang telah berdiri dan memenuhi syarat menurut fakta bahwa di atas wilayah tersebut telah berdiri suatu negara. Pengakuan secara de facto dapat di bedakan menjadi :
-Pengakuan de facto yang bersifat tetap, yaitu pengakuan dari negara lain terhadap suatu negara yang bisa menimbulkan hubungan di bidang ekonomi dan perdagangan (konsul).
-Pengakuan de facto yang bersifat sementara, yaitu pengakuan yang diberikan oleh suatu negara tanpa melihat bertahan tidaknya negara tersebut di masa depan.

3.Pengakuan secara de jure.
       Pengakuan secara de jure adalah pengakuan akan sahnya suatu negara berdasarkan pertimbangan yuridis menurut hukum dan telah di akui secara formal. Pengakuan de jure dapat di bedakan menjadi 2, yaitu:
-Pengakuan de jure bersifat tetap artinya penngakuan dari negara lain yang berlaku untuk selama-lamanya setelah melihat adanya jaminan bahwa pemerintahan negara baru tersebut akan stabil dalam jangka waktu yang lama.
-Pengakuan de jure bersifat penuh artinya terjadi hubungan antara negara yang mengakui dan di akui meliputi hubungan dagang, ekonomi dan diplomatik.

4.PBB.
       PBB adlah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini di bentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.

5.Manfaat unsur deklaratif.
     1.Tidak megasingkan suatu kumpulan manusia dari hubungan-hubungan internasional.
     2.Menjamin kelanjutan hubungan-hubungan internasional dengan jalan mencegah kekosongan hukum yang merugikan, baik bagi kepentingan individu maupun hubungan antar negara.


1 5 1