Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-31T21:28:03+07:00
Pancasila sebagai ideologi terbuka maksudnya adalah pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasarnya (kelima sila). Maksudnya pancasila memiliki nilai dasar dan nilai operasional. Nilai dasar pancasila adalah kelima sila. Yang mana nilai dasar ini tidak dapat berubah. Namun pancasila memiliki nilai- nilai operasional yang mana dapat berubah sesuai dengan kebutuhan bangsa dan Negara. Nilai-nilai operasioanl inilah yang membuat pancasila menjadi ideologi yang terbuka. Yang mana pancasila merupakan ideologi yang dapat menyesuaikan diri dengan zaman, luwes, dan fleksibel. Nilai-nilai pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, dinamika kehidupan bangsa, dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Yang dikembangkan dalam ideologi pancasila yang terbuka adalah nilai-nilai operasinalnya. Dan tidak dapat merubah nila-nilai dasarnya (kelima sila).
hampir sama dengan jawaban saya, terima kasih :)
iyaa . klik terima kasih nya dong :)
2014-08-31T21:32:35+07:00
Pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembagan jaman tanpa pengubahan nilai dasarnya.