Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-31T20:23:00+07:00
Jantung adalah organ yg berfungsi untuk memompa darah menuju ke paru-paru atau seluruh tubuh.
2014-08-31T20:23:27+07:00
1. Mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh (sel-sel darah merah)

2. Mengangkut zat-zat gizi ke jaringan tubuh(plasma)

3. Mengangkut produk-produk buangan jaringan tubuh

4. Mengangkut hormon dari kelenjar ke bagian tubuh untuk difungsikan

5. Menghadapi bakteri dan infeksi ( sel darah putih dan antibodi)

6. Membentuk pembekuan untuk memperbaiki bagian yang cedera

7. Menjaga keseimbangan cairan dan suhu tubuh agar tetap 37 C

Selama jantung memompa darah, selama itu juga seluruh sel mendapatkan jatah makanan ( seperti air dan zat-zat gizi ) dan oksigen yang dibutuhkannya.

Darah juga mengangkut zat-zat sisa dan karbondioksida dari sel-sel menuju ke tempat organ yang akan membuangnya, yaitu paru-paru dan ginjal. Jadi, ibaratnya darah itu merupakan transportasi umum dalam sistem tubuh, dan jantung merupakan mesin penggeraknya.

Bisa dibayangkan bila sampai aliran darah terhambat. Bagian-bagian itu akan kekurangan makanan dan tentunya tidak bisa berfungsi dengan baik.

Seperti sudah disebut sebelumnya darah bertugas membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh sel-sel tubuh sehingga bagian tubuh seperti ginjal, otak atau yang lain bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan aliran darah di dalam tubuh tetap lancar/normal.

Berikut beberapa fakta mengenai Jantung dan darah:
1. Darah yang dipompa oleh jantung mengalir mengelilingi tubuh hampir 2000 kali per hari
2. Dalam satu menit jantung memompa sekitar 4-5 liter darah
3. Rata-rata orang dewasa memiliki 4-5 liter darah. Sedangkan atlet, ibu hamil dan orang yang tinggal di daerah tinggi memiliki jumlah darah lebih banyak
4. Bila pembuluh darah yang ada pada tubuh seorang manusia disambung, panjangnya bisa mencapai 96000 km.
5. Bila hidup kita mencapai usia 70 tahun, berarti jantung telah berdenyut sebanyak 2,5 miliar kali
6. Darah yang dipompa jantung mengalir mengelilingi tubuh hampir 2000 kali per hari