Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-20T21:28:30+07:00
Bimetal:
Untung: Simple, konduktor
Rugi: Ketelitian tergantung sarana pendukung

Kristal cair
Untung: Simple, mudah dilihat(tidak ada skala yg saling berdekatan)
Rugi: Tingkat ketelitian kurang
2014-02-20T21:40:42+07:00
Termometer Bimetal

a. Kelebihan:
- Tahan dari goncangan
- Tidak mudah terbakar
- harganya relatif Murah
- tahan lama, awet dan mudah dikalibrasikan
- dapat digunakan untuk termograf
- Tidak perlu daya listrik
- Mudah digunakan (simpel)
- Dapat digunakan untuk mengukur hingga 500 °C


b. kelemahan:
- memerlukan kalibrasi sering untuk menjaga akurasiRespon terhadap perubahan suhu lambat
- Pembacaan suhu perlu dilakukan secara manual (dilihat sambil melotot)
- Akurasi suhu kurang (hitungan suhu kasar)
- Tidak cocok untuk suhu yang sangat rendah karena penggukuran suhu menggunakan lempengan metal yang hanya bekerja pada suhu yang cenderung hangat. Ini juga menyebabkan alat ini menjadi kurang sensitif.




1 5 1