1. jelaskan macam adaptasi pada makhluk hidup dan berilah contohnya.
2.Bagaimana adaptasi morfologi pada burung kolibri terhadap makanannya?
3. bagaimana adaptasi perilaku pada ikan air tawar dan ikan air laut terhadap salinitas(kadar garam) perairannya?
4. bagaimana hubungan antara tingkah laku hewan ( misalnya :autotomi pada cecak) dengan kelangsungan hidupnya?
5. mengapa paus sering muncul ke permukaan air untuk mengambil (menghirup) udara ?

2

Jawabanmu

2014-02-20T21:31:42+07:00
3. ikan air tawar cenderung menjauhi laut karena tidak terbiasa dengan kadar garam yg tinggi begitu pula sebaliknya
4. kelakuan cecak melepaskan ekornya ketika terancam bahaya sebenarnya itu sebagai alat perlindungan dirinya untuk menipu predator
5.karena paus bernafas dengan paru2 bukan insang
11 3 11
Jawaban paling cerdas!
2014-02-20T21:37:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1) adaptasi morfologi : adaptasi dengan bentuk tubuhnya, contohnya kaktus daunnya menjadi berduri untuk mengurangi penguapan
adaptasi fisiologi : adaptasi dengan sistem kerja fisiologis tubuhnya, contohnya bunglon bisa mengubah warna tubuhnya (mimikri)
adaptasi tingkah laku : adaptasi dengan perilakunya, contohnya kerbau berkubang di lumpur ketika kepanasan
2) paruh kolibri berbentuk runcing dan panjang untuk mampu menghisap nektar bunga
3)ikan air laut = banyak minum, sedikit mengeluarkan urine, urine nya pekat
ikan air tawar = sedikit minum, banyak mengeluarkan urine, urinenya encer
4) dengan perilakunya makhluk hidup berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan lingkunagnnya, dengan kemampuan tingkah laku yang sesuai, maka kelangsungan hidupnya pun bisa terjaga, khususnya dari predator ataupun dari iklim alam
5) karena paus tidak bisa memanfaatkan oksigen yang terlarut dalam air seperti ikan lainnya yang memiliki insang. paus merupakan mammalia yang memiliki paru-para sehingga utk bernapas harus ke permukaan dan bernapas mengambil udara pada saat tersebut
39 4 39
oiya,, tlg tandai bila jawabannya menjadi yang terbaik ya ^_^ semoga bermanfaat..
ada yang lebih lengkap lagi >>>