1. mengapa istilah pra aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah pra sejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan ?

2. secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan ?

3. mesir mengakhiri zaman pra aksara sekitar tahun 3000 SM. tetapi diindonesia baru abad ke-5 M. mengapa demikian ?

4. apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman pra aksara ?

1

Jawabanmu

2014-08-31T19:16:16+07:00
1. Mengapa istilah pra aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk kehidupan manusia ?Jawab :Lebih tepat karena pra aksara berarti sebelum ada tulisan . Berbeda dengan pra sejarah yang berarti sebelum ada sejarah / kegiatan . Meski manusia belum mengenal tulisan , tidak berarti manusia tidak memiliki sejarah / kegiatan dan kebudayaan .
2. Bagaimana secara metodologis kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan ? Jawab : Tetap dengan metode empiris. Walaupun menusia belum mengenal tulisan, bukti-bukti kehidupan mereka bisa diketahui dari peradaban, misalnya membuat kapak, membuat pinggan, membuat lukisan di dinding gua.
 3. Mesir mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000SM. tetapi di indonesia baru abad ke4 sampai ke5M. Mengapa demikian?Jawab :Belum dijawab.
 4. Apa saja pelajaran yang kita peroleh dari belajar kehidupan manusia pada zaman pra aksara ?Jawab :Dengan belajar kehidupan praaksara, maka kita dapat mengetahui dan mempelajari kehidupan manusia pada jaman masa lampau yg masih terbawa hingga ke masa kini..Misalnya: kebiasaan bertani slash and burn (tebang lalu bakar) yg sudah ada sejak jaman praaksara, namun tetap diterapkan hingga jaman sekarang.
2 4 2