Jawabanmu

2016-12-27T21:22:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sebuah percakapan dalam bahasa Sunda, termasuk juga percakapan singkat, dapat dibuat dalam bentuk sebuah paguneman. Paguneman adalah kegiatan percakapan atau obrolan, dua arah, saling menimpali atau tanya jawab, pelaku atau pesertanya dua orang atau lebih, dalam paguneman bentuk tulisan kalimatnya berbentuk kalimat langsung.

Jika dilihat dari suasananya, terdapat dua jenis paguneman, yaitu paguneman resmi dan paguneman tidak resmi. Contoh paguneman resmi adalah seperti wawancara dan diskusi atau dalam bahasa Sunda disebut sawala. Sedangkan contoh paguneman tidak resmi adalah seperti percakapan antar teman atau percakapan sehari-hari dengan orang tua sendiri.

Dalam paguneman terdapat aturan atau ketentuan yang perlu diikuti agar paguneman dapat dimengerti sesuai dengan yang diharapkan. Ketentuan tersebut antara lain adalah yang terkait dengan keras dan pelannya suara, tinggi dan rendahnya suara atau dalam bahasa Sunda disebut "lentong", pilihan kata-kata yang dipakai yang disesuaikan dengan siapa yang diajak berbicara, serta perlunya penjiwaan dalam melakukan percakapan.

Berikut ini adalah contoh percakapan singkat bahasa Sunda dalam bentuk sebuah paguneman. Contoh tersebut diambil dari jawaban yang sudah ada dengan memberikan perbaikan sesuai ketentuan atau aturan yang disebutkan di atas, yaitu terutama paaa pilihan kata-katanya yang disesuaikan dengan siapa yang diajak berbicara :

Adi : Punten, dupi Budi na aya Bu?.
Ibu Budi : Mangga, aya, ke sakedap nya (teu lila ti dinya Budi datang).
Budi : Eh Adi, aya naon Di?.
Adi : Ah henteu Di, ngan ieu we kuring rek ngabejaaan yen minggu hareup teh pan rek aya lomba futsal antar RT, ari maneh rek milu daftar moal?.
Budi : Oh kitu, sok atuh kuring pangdaftarkeun!.
Adi : Enya atuh, engke ku kuring maneh didaftarkeun nya, ari soal latihan mah nyaeta tiap poe Senen, Rebo jeung Jum'at jam 4 sore.
Budi : Enya atuh, nuhun Di!.
Adi : Enya, sami-sami Bud!.
1 5 1