1. Sebutkan hasil bumi Indonesia yg sangat diminati bangsa bangsa barat!Mengapa demikian?
2. Mengapa bangsa-bangsa barat membutuhkan rempah rempah yg dihasilkan bangsa Indonesia?
3. Bagaimana hubungan revolusi industri dengan kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia?
4. Apa yg dimaksud dengan semangat 3G yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa barat?

1

Jawabanmu

2015-10-27T22:52:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Pada zaman hindia belanda masih mengandalkan VOC nya, rempah rempah merupakan barang yang sangat berharga, bahkan nilainya melebihi emas itu sendiri, dan Indonesia merupakan produsen rempah rempah terbesar di wilayah Asia tenggara saat itu. Bukti lain adalah dengan ditukarnya pulau banda dengan manhattan yang sekarang merupakan New York di Amerika serikat.

2. Bangsa barat membutuhkan rempah rempah untuk menghangatkan badan mereka saat musim dingin tiba. Khususnya bangsa barat tadi berasal dari eropa yang memiliki 4 musim. Selain itu untuk bangsa belanda sendiri rempah rempah tadi akan dijual ke bangsa lain. 

3. Revolusi Industri diawali dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt, hal ini membuat bangsa eropa memiliki banyak kelebihan barang yang diproduksi, dan mereka mencari wilayah wilayah yang dapat digunakan untuk memasarkan produksi mereka. Di samping itu mereka menjadi lebih kuat dan terorganisir sehingga mereka memeiliki dana untuk berekspedisi. 

4. Tiga G adalah Gold, Gospel, dan Glory, yang artinya emas atau ekonomi lebih baik, Gospel penyebaran agama Katolik dan Kristen, serta Glory atau kejayaan Eropa di atas bangsa bangsa di luar eropa. 
1 5 1