Jawabanmu

2014-02-20T19:11:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Di antaranya kerajaan sriwijaya peniggalannya adalah candi muara takus

7 3 7
2014-02-20T19:17:48+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A.  Kerajaan Sriwijaya : Sriwijaya mencapai kejayaan di bawah pemerintahan Balaputradewa
Peninggalan kerajaan : Prasasti kota kapur, prasasti talang tuo, prasasti kedukan bukit, prasasti telaga batu, prasasti palas pasemah, prasasti karang berahi, prasasti ligor, dan prasasti nalanda.
B. Kerajaan Kalingga : Raja yang terkenal adalah Ratu Shima

Peninggalan Sejarah yang bercorak Budha
a. Bidang Agama
     1)
Agama Budha disebar di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

     2) Candi Borobudur sebagai tempat ibadah agama Budha.
b.
Bidang Politik
- Kerajaan yang bercorak Budha Sriwijaya di Sumatera dan Kalungga (Jawa Tengah)
c. Bidang Seni
1)
Candi

   a)
Candi Borobudur (Kab. Magelang, Provinsi Jawa Tengah). Didirikan pada tahun 824 Masehi (746 Saka) oleh Raja Mataram bernama Samaratungga, dari keturunan Syailendra. Candi ini didirikan untuk menghormati pendiri Dinasti Syailendra. Raja-raja Syailendra menganut agama Budha Mahayana. Bangunan candi terdiri dari 10 tingkat yang dibangun menjadi 3 bagian. Seluruh bangunan candi memuat relief, antara lain :
- Karmawibangga, yaitu relief yang menggambarkan berlakunya hukum sebab akibat (karma) bagi yang melakukannya. - Lalitavistara, yaitu (kisah sandiwara). Kehidupan Budha yang bergelimang harta hanyalah sandiwara belaka. - Awadana dan Jataka, relief ini menggambarkan tentang kehidupan Budha di masa lalu (Awadana) dan kisah tentang perbuatan kepahlawanan orang-orang suci (Jataka). Sejak ditemukan kembali tahun 1814, mulai dilakukan usaha-usaha perbaikan diantaranya : - 1907 – 1911, dipimpin Tb. Van Erp (orang Belanda). - Tahun 1956, UNESCO mengirim utusan Dr. Coremans dari Belgia untuk penelitian akibat kerusakan candi. - Tahun 1971, Menteri Pendirikan dan Kebudayaan RI membentuk badan pemugaran candi. - Tahun 1973 –1983, pemugaran ke-2 dan mendapat bantuan dari UNESCO.
   b)
Candi Mendut
Didirikan oleh Raja Indra tahun 824 terletak di sebelah timur Candi Borobudur. Ada 3 patung Budha yaitu, Cakramurti (duduk bersila), Awalokiteswara dan Maitrya.
   c) Candi Kalasan Didirikan tahun 778 M oleh keluarga Syailendra sebagai bangunan suci Dewi Tara yang diduga isteri dari Budha. Didalamnya terdapat arca Dewi Tara terbuat dari perunggu.
   d)
Candi-candi di Jawa Timur, antara lain : Candi Kidal (Malang) pada masa Raja Anusapati, Candi Jago (Malang) pada masa Wisnuwardana, Candi Jawi (dekat Prigen) masa Kertanegara sebagai Candi Siwa Budha, Candi Panataran (dekat Blitar).

   e)
Candi-candi Budha di Sumatera ; Komplek Candi Padang Lawas (Tapanuli), Candi Muara Takus (Jambi).

    f) Candi-candi Budha di Jawa Barat ; Candi Jiwo (Batu Jaya, Karawang), Candi Bindongan (Karawang), Komplek Candi Cibuaya (Cibuaya, Karawang).
    g) Candi-candi Budha di Jawa Tengah ; Candi Mendut (Magelang), Candi Pawon (Magelang), Candi Borobudur (Magelang).
     h)
Candi Budha di Yogyakarta ; Candi Sari, Candi Sewu, Candi Kalasan.

2)
Patung Budha
Wujudnya Sang Budha tampil dalam berbagai posisi, tiap posisi mengandung arti / makna dan menghadap ke arah tertentu.
3) Prasasti
   a)
Kedukan Bukit (683), Pulau Talang Tuo (684), Pulau Telaga Batu. (ditemukan dekat Palembang).

   b)
Pulau Kotakapur (dekat Bangka). Pulau Karang Berahi (dekat Jambi).

23 3 23