Jawabanmu

2016-08-13T23:30:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soekarno

-Selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat
Bung Karno selalu berusaha mendengarkan pendapat orang lain dan mempertimbangkannya. Padahal sebagai Presiden, bisa saja beliau memutuskan sendiri.
-Kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
-Visioner dan pantang menyerah
Pidato -pidato bung Karno selalu mampu membangkitkan semangat siapa pun yang mendengarnya
-Menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur
Salah satu ucapan bung Karno yang paling terkenal adalah "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." (Pidato Hari Pahlawan 10 Nov.1961)
-Cinta tanah air dan bangga menjadi warga negara Indonesia
"
Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu!" Pidato HUT Proklamasi, 1963]

Hatta

-Jujur dan penuh kehormatan
Hatta pernah meminta ajudannya mengembalikan dana taktis wapres sebesar 25 ribu Rupiah padahal dana taktis itu tidak perlu dipertanggungjawabkan penggunaannya.
-Pengabdian kepada negara
Hatta pernah menolak jabatan komisaris di beberapa perusaahan ternama, juga pernah menolak tawaran posisi di World Bank.
-Tidak pernah lelah belajar
Sebagian besar gajinya dihabiskan untuk membeli buku, bahkan mas kawin untuk calon isterinya Rachmi Rahim adalah buku karangannya yang berjudul Alam pikiran Yunani.
-Rendah hati dan sederhana
Tahun 1952, Bung Hatta ingin melakukan ibadah haji dengan  istri & dua saudarinya. Kala itu Bung Karno menawarkan supaya Hatta memakai maskapai udara yang biayanya ditanggung negara. Namun Bung Hatta menolaknya, karena beliau  ingin pergi haji sebagai rakyat biasa, bukan sebagai wakil presiden. 
19 4 19