Oleh karena itu, kita harus mencegah kegiatan-kegiatan manusia yang dapat
merusak alam. Apa sajakah kegiatan itu? Berikut beberapa contoh di antaranya.




1. Pembangunan perumahan yang tidak terencana



Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan dasar
manusia.
S
eiring bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal tentu semakin meningkat.
Akibatnya,
terjadi perubahan penggunaan lahan.
Lahan
pertanian
yang
tadinya luas,
sedikit demi sedikit berubah fungsi menjadi
pemukiman.




2. Penebangan pohon dan
pembakaran hutan




Penebangan hutan liar mengurangi fungsi hutan sebagai penahan air. Akibatnya, daya dukung hutan menjadi
berkurang. Hilangnya habitat
dan makhluk hidup
serta musnahnya spesies hewan dan tumbuhan
dapat
terjadi akibat penebangan pohon yang tidak terkendali.
Ada lagi
masalah yang timbul, misalnya tanah
longsor, banjir, dan kebakaran hutan.




3. Penambangan pasir di laut



Kegiatan ini menyebabkan abrasi dan rusaknya pantai sehingga merusak ekosistem laut. Keg iatan ini juga dapat
menenggelamkan pulau dan memengaruhi keseimbangan
ekosistem ikan
dan makhluk air lainnya.






4. Polusi



Polusi merupakan masuknya zat atau bahan-bahan berbahaya lainnya ke dalam lingkungan pada kadar membahayakan manusia. Polusi juga dapat menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan sehingga membahayakan makhluk hidup yang
ada di dalam lingkungan tersebut. Zat-zat atau bahan yang menyebabkan terjadinya
polusi dinamakan polutan.




a. Polusi udara



Sumber polutan penyebab polusi udara umumnya berasal dari sisa pembakaran bahan bakar, seperti pembakaran batu bara di
pabrik dan pembakaran BBM dari
kendaraan
bermotor. Sumber lain
polutan udara yaitu
pembakaran lahan dan hutan. Polusi
udara dapat menyebabkan sesak napas,
batuk, dan aneka penyakit mata.




b. Polusi
air




Polutan penyebab polusi air dapat berasal dari limbah cair pabrik, limbah pertanian, limbah
rumah tangga, sampah organik, dan logam
berat.




c. Polusi tanah



Sampah dapat menjadi polutan yang
menyebabkan
terjadinya
polusi tanah. Bahan-bahan seperti plastik,
kaca, logam, dan insektisida merupakan polutan yang sukar diuraikan oleh
dekomposer. Akibatnya, bahan-bahan tersebut akan


















menumpuk dan terbenam dalam tanah. Tanah seperti ini akan berkurang porositasnya. Insektisida dalam tanah juga dapat menyebabkan terbunuhnya
makhluk hidup lain yang justru berguna bagi manusia.
Tanah yang
tercemar logam berat pun dapat mengganggu organisme
yang hidup di dalam tanah.




Disadur
dari:: www. exact-sciences.com






Setelah kamu baca dan pahami bacaan
di atas, sekarang jawablah pertanyaan
berikut!




Kerusakan dan perubahan alam
pada bacaan
di atas disebabkan karena
perilaku manusia. Namun, siapakah
pihak yang paling besar merasakan dampaknya?




........................................................................................................................................









Dapatkah kerusakan dan perubahan alam mempengaruhi perubahan perilaku manusia? Sebutkan contohnya!



........................................................................................................................................

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-31T07:16:37+07:00
Ya, karena jika lingkungannya kotor, manusia pun jadi ikut jorok. dan menurun ke anak cucu kita..

Sorry klo salah :))








3 4 3
2014-08-31T12:57:22+07:00
Iya karena jika kita kotor, maka smuanya kiotior
2 4 2