Mencari dimensi itu maksudnya gimana ya? Tolong ajarin dong gimana caranya
Contohnya :
1. momen inersia (I = Massa x jarak kuadrat)
2. Jika diketahui bahwa P.V = nR.T
P = Tekanan ; V = Volume ; n menyatakan jumlah mol ; T = Suhu dalam Kelvin ; R = Tetapan gas.
Carilah dimensi R!

2

Jawabanmu

2014-08-31T05:10:55+07:00

Impuls = Ft
F = gaya = N = kg*m/s^2
t = s
Impuls = kg*m/s
I = MLT^-1

Tetapan pegas,
F = kx
k = F/x
k = N/m
k = kg*m/s^2 / m
k = kg/s^2
k = MT^-2

bang, pake rumus yang diatas bukan rumus baru
Jawaban paling cerdas!
2014-08-31T06:05:11+07:00
Dimensi kan mengganti satuan SI ke bentuk yang lain. kalo saya sih di cari rumus nya dulu baru di cari satuannya baru di ubah ke Dimensi.
1.I=massa×jarak²=kg×m²=kg.m²=M.L²
2. P.v=nR.T,  R=  \frac{P.v}{n.T} = \frac{tekanan*volume}{jumlah mol.suhu} = \frac{N/ m^{2}* m^{3}  }{mol*kelvin} =  \frac{kg.m. s^{-2}* m^{-2}* m^{3} }{mol*K} (di ubah kepangkat negatif agar lebih mudah mengubah nya kebentuk dimensi) = \frac{kg. m^{2}. s^{-2}  }{mol.K} =
= kg.m². s^{-2} . mol^{-1}. K^{-1}
M.L². T^{-2}. K^{-1}.ө^-1
semoga bener dan dapat membantu
2 4 2