Jawabanmu

2013-12-24T10:15:25+07:00
Ada banyak langkah pembuatan larutan dari bahan cair dan bahan padat, salah satunya jika kamu ingin membuat larutan NaCl (larutan garam) maka proses yang terjadi adalah :
2Na(s) + 2HCl (l) -> 2NaCl (aq) + H₂ (g)
jadi natrium padat, direaksikan dengan Asam klorida cair, akan menghasilkan larutan garam dan gas H₂
2013-12-24T15:29:52+07:00


-       Pembuatan larutan dari bahan zat padat dan bahan zat cair, dapat dilakukan dengan secara langsung dengan perlakuan yang secara langsung dengan pelarutnya yang sesuai. 

-       Reaksi eksoterm terjadi dalam paembuatan larutan HCL reaksi endoterm terjadi dalam pembuatan larutan NaCl.

-       Larutan HCL dan NaCL dapat dibuat dengan cara melarutkan denga cara melarutkan secara langsung dengan pelarutnya yang sesuai.



Sebaiknya percobaan ini dilakukan dengan senyawa yang lebih, tidak hanya dengan menggunakan HCL dan NaCl. Agar hasilnya yang bisa diamati lebih beragam

Pemurnian

-       di timbang 10 gram NaCl

-       dilarukan dalam aquades dalam labu takar 100 ml

-       di homogenkan.

Pengenceran 

-       Diambil jumlah volume HCL seseuai kebutuhan (25 ml)

-       Di masukkan dalam labu takar sampai tanda tera 100 ml

-       Di homogenkan

Metode percobaan larutan yaitu diperlakuan tentang pemurniaan dan pengenceran untuk percoiti sendiri mudah untuk didefenisikan adalah dengan menambahkan komponen kedalam sempel dan percobaan untuk mengamati perubahan sebagai respon di dalam.

Pada percobaan larutan NaCl suatu larutan yang biasa di kenal dengan garam ternyata dapat terlarut dengan aquades, dan larutan tersebut tanpak sama dengan larutan sebelumnya. Namun larutan NaCl pada percobaan tersebut tanpak gelembung – gelembung yang menunujukkan bahwa larutan aquades dan NaCl sudah bergabung atau bercampur.

Pada percobaan pengenceran bahwa yang digunakan adalah HCL, akan tetapi HCL tersebut mempunyai sifat yang sama dengan larutan NaCl, yaitu larutan tersebut dapat bereaksi dengan  aquades  yaitu munculnya gelembung – gelenbung dan suhu pada larutan tersebut menjadi berubah.