Anshar (Arab:لأنصار ) adalah sebutan untuk suatu kaum yang menerima hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah. Sesampainya di Madinah mereka menyambut beliau dan kaum Muhajirin dengan baik dan membantu perjuangannya. Hal ini karena sebelumnya telah ada sebagian penduduk Madinah yang mengunjungi Mekkah untuk menjadi pengikut Nabi Muhammad (peristiwa Baiat Aqabah). Secara bahasa Anshar berarti "Penolong" dan Kaum Anshar terdiri dari Bani Khazraj dan Bani Aus.

Jawabanmu

2014-08-30T18:54:28+07:00
Anshar artinya penolong...pada saat Rasulullah hijrah bersama kaum Muhajirin, beliau ketika sampai di madinah , beliau di sambut oleh kaum penoolong yaitu kaum anshar

orang-orang anshar itu adalah penduduk Madinah yang pada masa kerasulan ridho menerima kedatangan orang-orang muhajirin yang terpaksa meninggalkan kota kelahiran mereka tercinta yaitu Mekah untuk menuju Madinah. Orang-orang anshar terdiri atas 2 suku yaitu suku Aus dan suku Khazraj yang sebelum kedatangan Islam selalu bertikai. Mereka berbondong-bondong mulai memeluk Islam berkat adanya Bai’at ( sumpah setia atau ikrar) Aqabah. Bai’at inilah yang menjadi perintis jalannya hijrah.
2014-08-30T18:55:26+07:00
Disebut kaum anshar karena suatu kaum yang menerima hijran Nabi Muhammad SAW dri mekkah menuju madinah