TOLONG DIJAWAB BAGI YANG TAU
JUDUL: GILIRAN FORD TERPUKUL TELAK OLEH KRISIS EROPA

ford motor company mengumumkan akan segera menghentikan perakitan mobil di pabrik genk,belgia,mulai akhir 2014 sbgai dampak dari kondisi ekonomi eropa yang semakin terpuruk.dengan keputusan ini, produksi model mondeo dialihkan ke valencia,spayol.salah satu prodesen raksasa mobil amerika itu memperkirakan pihaknya akan mengalami penurunan sampai 1 milyar dolar AS (Rp 9,6 triliun)pada 2012 tersebar selama 19 thun terakhir.
selain memproduksi mondeo,pabrik di belgia itu juga menghasilkan model S-Max dan Galaxy yang juga akan dipindahkan ke valencia.sedangkan produksi C-Max dan Gran C-Max yang semuladi valencia,akan digeser ke pabrik ford lainnya di saarlouis,jerman.
"Usulan restrukturisasi fasilitas manufaktur di eropa menjadi bagian dari rencana dasar kami untuk memperkuat bisnis ford di eropa kembali untung,"komentar bos ford eropa,stephen odell.penggeseran produksi ini berlangsung sukses karena didukung oleh para pkerja.
Sumber internal ford mengatakan ford juga akan menutup pabriknya di southampton inggris yang memproduksi sasis untuk transit,awal tahun depan.biaya produksi yang besar memaksa ford hrus menghemat salh satunya dengan memangkas produksi. CEO ford,alan mulally,mengatakan industri otomotif di eropa harus mengubah ukurannya sesuai kondisi pasar supaya bisa tetap untung.
Sepanjang 2011,produksi pabrik southampton hanya 230.000 unit pertahun."jadi sangat jelas kondisi ini jauhdari semestinya,"jelas brian.
Stephen odell dijadwalkan bertemu dengan serikat pkerja dari sluruh pabrik di inggris di dunton,hari ini."Belum ada topik apa yang akan dibicarakn, "jelas roger maddison,pemimpin serikat pkerja ford dri pabrik southampton.
"Kami akan melakukan pengumuman selanjutnya pada waktu yang tepat,ketika sluruh pemangku kpentingan sudah diinformasikan. kedepan kami trus memantau prkmbangan kondisi ekonomi sluruh wilayah bisnis kami dan mngambil tindakan yg diperlukan,"beber john gardier,juru bcara ford eropa di cologne,jerman.
Ford sudah merakit mobil di inggris sejak di inggris 1911 dan pnutupan pabrik terakhir yg prnh dilakukannya adalah pabrik degenham,2002 silam. pabrik itu tadinya memproduksi fiesta dan memaksa pmutusan hubungan krja 2.000 karyawan.

PERTANYAAN :
1.Menurut pemahaman ilmu ekonomi siapa yang relatif tepat dengan artikel diatas/coba jelaskan alasan anda?
2.Menurut anda bgaimana klompok deskriptif klompok teori ekonomi dan kelompok terapan membahas masalah di atas?
3.Menurut anda cabang ekonomi apa yg lbih tepat membahas masalh ekonomi dalam artikel di atas?mengapa?
adakah pada artikel di atas ditemukan prtanyaan normatif?coba jelaskan?


1

Jawabanmu

2014-09-01T18:52:17+07:00
1.menurut saya pemahaman yang relatif tepat adalah. CEO ford,alan mulally,mengatakan industri otomotif di eropa harus mengubah ukurannya sesuai kondisi pasar supaya bisa tetap untung.karena apabila suatu industri memproduksi sesuatu dengan tanpa memperhatikan kondisi pasarnya, maka industri mereka tidak akan mengalami keuntungan, misal industri otomotif menyesuaikan dengan kondisi pasar, apakah kondisinya strategis atau tidak. apabila strategis  maka industri otomotifnya dapat diperbanyak ,supaya dapat menghasilkan suatu keuntungan.
untuk jawaban nomor 2 dan 3, saya tidak tau jawabannya, karna kebetulan tugas anda juga termaksud tugas saya, dan masih saya coba untuk mencari jawabannya. semoga bermanfaat.




11 2 11