Diketahui suku kedua dan suku keenam suatu deret geometri dengan suku positif berturut-turut adalah 6 dan 96. Jumlah lima suku pertama deret tersebut adalah …

DIHARAPKAN PAKE CARA..

1
oke kalo bisa gua kerjain nanti gua kerjain , tapi mungin besok gua on lagi sekarang udah malem banget , kasian otak gua
iya deh, :D Makasih yah, kalo besok gw gk tau ntar gw kirim kok.. :D
jam maleman, jam 8 kayaknya, kalo gk jam 6 :D
oke besok gua cek jam 9 an
sip.. :D (y)

Jawabanmu

2014-02-20T00:28:33+07:00
Pertama cari rasionya terlebih dahulu, untuk mencari rasionya saya punya rumus yaitu r =  \sqrt[n-m]{Un/Um}  dimana n>m maka

r =  \sqrt[6-2]{96/6}
r =  \sqrt[4]{16}
r = 2

setelah rasionya didapat kita cari U1nya atau a

U1 = U2/r
U1 = 6/2
U1 =3

setelah a dan r nya sudah ketemu kita bisa mencari Sn nya 

Sn = a[ r^{n} - 1]/ r - 1
 S_{5}  = 3[ 2^{5} - 1]/ 2-1
 S_{5} = 3[32-1]/1
 S_{5} = 3[31]
 S_{5} = 93
7 3 7