1. Unsur-unsur di bawah ini yang merupakan unsur lingkaran adalah ….
A. Jari-jari, tali busur, juring dan diagonal
B. Diameter, busur, sisi dan bidang diagonal
C. Juring, tembereng, apotema dan jari-jari
D. Garis tengah, jari-jari, busur dan diagonal Ruang

2. Garis BC pada lingkaran di bawah ini disebut ….
A. Busur
B. Jari-jari
C. Diameter
D. Tali busur



3. Daerah yang dibatasi oleh dua buah jari-jari dan sebuah busur pada lingkaran adalah ….
A. Tembereng
B. Tali busur
C. Busur
D. Juring

4. Rumus keliling lingkaran yang berdiameter d adalah ….
A. 2 πd
B. π d
C. ½ π d2
D. ¼ π d

5. Keliling lingkaran yang berjari-jari 14 cm adalah …. (π = 22/7)
A. 88 cm
B. 132 cm
C. 154 cm
D. 616 cm

6. Roda sepeda berjari-jari 35 cm dan berputar sebanyak 2.000 kali. Panjang lintasan yang dilalui sepeda tersebut adalah …. (π = 22/7)
A. 0,7 km
B. 4,4 km
C. 44 km
D. 70 km

7. Sebuah lingkaran berdiameter 28 cm. Luas lingkaran tersebut adalah …. (π = 22/7)
A. 176 cm2
B. 308 cm2
C. 352 cm2
D. 616 cm2

8. Luas lingkaran yang kelilingnya 12,56 cm dengan π = 3,14 adalah ….
A. 1,256 cm2
B. 12,56 cm2
C. 31,4 cm2
D. 314 cm2

9. Suatu taman berbentuk lingkaran dengan jari-jari 28 m. Di dalam taman dibuat kolam yang berbentuk lingkaran dengan diameter 40 m. Di luar kolam di dalam taman ditanami rumput. Bila harga rumput dan biaya pemasangan Rp10.000,00 tiap m2, biaya yang diperlukan seluruhnya adalah ….
A. Rp 12.200.000,00
B. Rp 12.280.000,00
C. Rp 5.600.000,00
D. Rp 860.000,00

10. Pada gambar di bawah, O adalah pusat lingkaran. Jika besar ∠BCD = 35o, maka besar ∠AOD adalah ….
A. 110o
B. 105o
C. 70o
D. 35o

11. Luas juring dengan sudut pusat 90o dan panjang diameter 7 cm adalah ….
A. 9,625 cm2
B. 12,250 cm2
C. 19,250 cm2
D. 26,950 cm2

12. Diameter sebuah lingkaran adalah 56 cm. Panjang busur di hadapan sudut 45o adalah ….
A. 308 cm
B. 156 cm
C. 78 cm
D. 22 cm

13. Perhatikan gambar !
Jika panjang busur BC = 35 cm, maka panjang busur AB adalah ….
A. 20 cm
B. 21 cm
C. 22 cm
D. 24 cm

14. Panjang jari-jari sebuah lingkaran 16 cm dan jarak titik di luar lingkaran dengan pusat lingkaran adalah 34 cm. Panjang garis singgung lingkaran adalah ….
A. 30 cm
B. 32 cm
C. 36 cm
D. 38 cm

15. Perhatikan gambar !
KL dan KM adalah garis singgung lingkaran yang berpusat di O. Berapa luas daerah KLOM ?
A. 640 cm2
B. 480 cm2
C. 340 cm2
D. 240 cm2

16. Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 20 cm dan 10 cm. Jika jarak kedua pusat lingkaran 78 cm, maka panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran adalah ….
A. 58 cm
B. 68 cm
C. 72 cm
D. 76 cm

17. Lingkaran yang melalui ketiga titik sudut suatu segitiga disebut ….
A. Lingkaran dalam segitiga
B. Lingkaran luar segitiga
C. Garis singgung lingkaran dalam
D. Garis singgung lingkaran luar

18. Pernyataan berikut tentang kubus benar, kecuali ….
A. Mempunyai 10 rusuk
B. Mempunyai 8 titik sudut
C. Mempunyai 6 sisi yang kongruen
D. Mempunyai 12 diagonal sisi

19. Selisih banyaknya sisi prisma segilima dan limas segiempat adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

20. Daerah yang diarsir pada gambar di bawah ini adalah ….
A. Diagonal ruang
B. Diagonal bidang (sisi)
C. Bidang diagonal
D. Bidang miring

21. Kawat sepanjang 6,5 m akan digunakan untuk membuat kerangka balok berukuran 12 cm x 8 cm x 6 cm. Panjang sisa kawat adalah ….
A. 36 cm
B. 30 cm
C. 26 cm
D. 20 cm

22. Perhatikan rangkaian persegi panjang berikut

Yang merupakan jaring-jaring balok adalah ….
A. I
B. II
C. III
D. IV

23. Gambar berikut menunjukkan jaring-jaring kubus. Jika persegi nomor 3 merupakan alas kubus, maka yang merupakan sisi atas (tutup) adalah persegi nomor ….
A. 1
B. 4
C. 5
D. 6

24. Panjang seluruh rusuk kubus 192 cm. Luas permukaan kubus adalah ….
A. 1.536 cm2
B. 1.152 cm2
C. 256 cm2
D. 96 cm2

25. Sebuah balok memiliki ukuran panjang (2a + 3) cm, lebar 4a dan tinggi (2a – 2) cm. Luas permukaan balok seluruhnya adalah ….
A. (40a2 + 12a – 12) cm2
B. (20a2 – 6a – 6) cm2
C. (40a2 – 12) cm2
D. (20a2 – 6) cm2

2

Jawabanmu

2014-08-30T10:24:40+07:00
1.d
2. mana gambarnya
3.b
4.a
5.a
6.d
7.d
8.b
2 5 2
nomor satu itu c karena lingkaran itu tidak memiliki diagonal ruang (lingkaran itu bangun datar
Jawaban paling cerdas!
2014-08-30T11:15:26+07:00
1. c
2. tidak ada gambar
3. d
4.b
5.a
seterusnya belum maaf ya soalnya terlalu panjang e
4 4 4