Jawabanmu

2014-08-29T19:56:59+07:00
a.       Usul Muhammad Yamin, 29 Mei 1945Muhammad Yamin Berpidato tentang Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia. Dalam pidato itu beliau mengusulkan dasar Negara bagi Indonesia Merdeka yang akan dibentuk adalah :-          Peri Kebangsaan-          Peri Kemanusiaan-          Peri ketuhanan-          Peri Kerakyatan-          Kesejahteraan RakyatSetelah berpidato beliau mengusulkan juga secara tertulis lima asas dasar Negara dalam rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang Rumusannya sebagai berikut :-          Ketuhanan Yang Maha Esa-          Kebangsaan Persatuan Indonesia-          Rasa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab-          Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan-          Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
 b. Usul Soepomo 31 Mei 1945Pada hari ketiga siding BPUPKI, tanggal 31 Mei 1945, Soepomo mengusulkan tentang dasar pemikiran Negara nasional bersatu yang akan didirikan harus berdasarkan atas pemikiran integralistik yang sesuai struktur sosial Indonesia sebagai ciptaan budaya bangsa Indonesia.Negara Harus bersifat “badan penyelenggara”, badan pencipta hukum yang timbul dari hati sanubari rakyat seluruhnya. Dalam pengertian dan teori ini, Negara tidak lain adalah seluruh masyarakat atau seluruh rakyat Indonesia sebagai persatuan yang teratur dan tersusun.Soepomo juga mengusulkan tentang syarat mutlak Negara, yaitu : Daerah, rakyat, dan pemerintahan. Mengenai dasar apa Negara Indonesia didirikan, dikemukakan tiga soal :a.       Persatuan Negara, Negara serikat, Persekutuan Negara.b.      Hubungan Antar Negara dan Agama.c.       Republik dan Monarchie.
c.   Usul Soekarno. 1 Juni 1945Dalam masa siding pertama BPUPKI hari selanjutnya, pada tanggal 1 Juni 1945 Bung Karno mengajukan lima dasar juga bagi Negara Indonesia Merdeka, dalam pidatonya mengenai Dasar Indonesia Merdeka. Lima dasar itu atas petunjuk seorang ahli bahasa (yaitu Mr. Muhammad Yamin, yang pada waktu itu duduk di samping Ir. Soekarno) diberi nama Pancasila. Lima dasar yang dilakukan Bung Karno, ialah :
a.       Kebangsaan Indonesiab.      Internasionalisme atau Perikemanusiaanc.       Mufakat atau demokrasid.      Kesejahteraan sosiale.       Ketuhanan yang berkebudayaan.