Jawabanmu

2014-08-29T19:17:13+07:00
1. Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut. 

2. Indonesia sebagai titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang. Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa.
Manfaatnya dapat ditinjau sedikitnya dalam dua hal, yaitu aspek ekonomi dan aspek sosial-budaya. 

atau

Jika ditinjau dari aspek ekonomi, Indonesia menjadi jalur perlintasan produk barang dan jasa yang ramai, baik itu baik itu melalui laut maupun melalui udara. Posisi Indonesia yang berada di kawasan tropis telah menjadikan lautnya lebih aman untuk digunakan sebagai jalur pendistribusian barang (coba bandingkan dengan laut Atlantik, perairan di kawasan Kutub Utara, dan Lautan Pasifik). Begitu pula dengan penerbangannya. Daerah tropis menjadi daerah favorit destinasi wisata dunia. 

Ditinjau dari aspek sosial budaya, Indonesia menjadi semacam terminal tempat berkumpulnya manusia yang beragam secara sosial dan budaya. Artinya, pengetahuan kita tentang kultur lain bertambah dan kemampuan kita untuk bergaul dengan individu yang berbeda secara kultur pun semakin terasah. Kondisi ini seharusnya menjadikan Indonesia bangsa yang dewasa dan berwawasan luas. Jika fakta berbicara lain, itu menandakan bahwa ada masalah dalam bangsa ini.