Jawabanmu

2014-08-29T18:02:40+07:00
Assalammualaikum...

Pengertian Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

a. Tangga nada diatonis
Tangga nada diatonis terdiri dari tujuh buah nada yang berjarak satu dan setengah nada. Tangga nada ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor. Tangga nada diatonis mayor berkesan bahagia dan bersemangat. Sedangkan tangga nada diatonis minor terkesan sedih dan kurang bersemangat.

b. Tangga nada pentatonis
Tangga nada pentatonis hanya terdiri dari lima nada pokok (Penta yang berarti lima; dan Tone yang berarti nada). Nada-nada dalam tangga nada pentatonis tidak dilihat berdasarkan jarak nada, melainkan berdasarkan melalui urutannya dalam tangga nada. Nada dan tangga nada pentatonis ini  memiliki istilah sendiri terutama untuk seni karawitan Jawa dan Sunda.

Tangga nada pentatonis sendiri terbagi atas dua tangga nada, yaitu pelog dan slendro. Masing-masing jenis tangga nada pentatonis ini mempunyai susunan jarak nada yang berbeda.

Tangga nada pentatonis pelog akan memberikan perasaan tenang, hormat, dan memuja. Sedangkan tangga nada slendro bersifat gembira, bersemangat, dan terkadang fantastik.

Perbedaanya ialah :
Tangga nada diatonis : terdiri dari 7 tangga nada.
Tangga nada pentatonis : terdiri dari 5 tangga nada pokok .