Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-29T16:19:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kata taurat berasal dari bahasa Ibrani (thora: instruksi). Kitab Taurat adalah salah satu kitab suci yang diwahyukan Allah Swt. kepada Nabi Musa as. untuk menjadi petunjuk dan bimbingan baginya dan bagi Bani Israil.

Periode Musa dianggap sebagai periode terpenting dari periode-periode perkembangan agama yahudi. Periode ini adalah periode yan telah memberikan kepada agama yahudi kepada pilar-pilar dan dasar-dasar utamanya pada level akidah dan hukum serta pada level ibadah.Pilar-pilar dan dasar ini berdasar kepada wahyu Tuhan sebagai sumber asasi bagi akidah dan syari’at. Pada saa itu jelaslah tanda-tanda keagamaan moralitas yang barangkali untuk pertama kalinya dalam sejarah agama yahudi. Sepeninggal Nabi Musa,bani Israel melupakan Tuhannya-Yehovah kembali. Mereka mulai memuja patung anak lembu emas lagi yang mereka buat sendiri. Karena pelanggaran dan keingkaran ini mereka harus menanggung kepahitan hidup mengembara lagi selama 40 tahun di padang tandus. Pada waktu Samuel penyelewengan terhadap ibadah mulai bisa diatasi dan saat itu Yahudi menginginkaan seorang raja. untuk memipin mereka seperti bangsa-bangsa lain.Dan raja pertama adalah Saul,dan raja kedua adalah Daud di masa inilah Yahudi mencapai puncak kekuasaanya dan ajaran taurat bisa ditegakan kembali,pada masa Sulaiman di bangunnya Haikal di yerussalem sebagai tempat peribadatan seluruh negeri.Setelah Sulaiman Israel pecah menjadi dua dan Israel kembali meyembah berhala lalu nabi Eliyah ada di antara mereka dan kembali mengingatkan mereka untuk menyembah tuhan dan diikiuti nabi Amos dan hosea.tahun 738 SM bangsa Assiria menyerang mereka dan menempatkan mereka dalam perbudakan dan kesengsaraan.Tahun 586 SM Nebukadnezar raja Babilonia menyerang yerussalem dan menghancurkan kota itu sampai rata dengan tanah,kemudian semua pemimpin Yehuda dibuang ke Babilonia.Tahun-tahun berikutnya umat yahudi terpencar ke seluruh permukaan bumi.Dan sudah mulai adanya penterjemahan taurat ke dalam bahasa asing yang pertama kali adalah bahasa jerman.Terjemahan ini dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan dalam bahasa yahudi sendiri dan juga dibangun lembaga-lembaga pendidikan Yahudi Modern.
Source : http://anisnaafiah.blogspot.com/2012/12/penyebaran-ajaran-taurat.html

Isi pokok Kitab Taurat dikenal dengan Sepuluh Hukum (Ten Commandements) atau Sepuluh Firman yang diterima Nabi Musa as. di atas Bukit Tursina (Gunung Sinai). Sepuluh Hukum tersebut berisi asas-asas keyakinan dan asas-asas kebaktian, yaitu :

1. Hormati dan cintai Allah satu saja.
2. Sebutkan nama Allah dengan hormat.
3. Kuduskan hari Tuhan (hari ke-7 atau hari Sabtu).
4. Hormati ibu bapakmu.
5. Jangan membunuh.
6. Jangan berbuat cabul.
7. Jangan mencuri.
8. Jangan berdusta.
9. Jangan ingin berbuat cabul.
10. Jangan ingin memiliki barang orang lain dengan cara yang tidak halal.

btw, ini lebih mengarah ke Agama dari pada Sejarah...
4 4 4
oh gak ada topik agama.. maap saya lupa..
tp kalau sejarah nya apa? tolong yaa buat tugas soalnya
ma'af ya kalau sejarahnya saya kurang lancar...
tapi kalau isinya kebetulan saya hafal, karena itu juga hukum" yg biasa di terapkan..
iya gapapa. mksh info nya