Fotosintesis adalah pemasakan makanan oleh tumbuhan hijau dan daun daunan dan dengan dibantu sinar mentari. Juga suatu perubahan karbon dioksida keoksigen,agar semua makhluk dapat hidup dan dapet bernafas

Jawabanmu

2014-08-29T16:06:36+07:00
Fotosintesis adalah suatu proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dengan menggunakan cahaya matahari, air, dan karbon dioksida. Fotosintesis terjadi di struktur khusus pada sel daun yang disebut kloroplas. Kloroplas mengandung klorofil, yaitu pigmen hijau yang menyerap energi dari cahaya matahari. Selama fotosintesis, energi yang diserap ini digunakan untuk menyatukan karbon dioksida dengan air sehingga membentuk gula glukosa sebagai sumber energi bagi seluruh tumbuhan. Produk sisanya, yaitu oksigen, dilepaskan ke udara. Daun merupakan lokasi utama terjadinya fotosintesis dan memiliki beragam adaptasi untuk tujuan tersebut. Lamina (bilah daun) yang terbentuk datar menyediakan permukaan lebar untuk menyerap cahaya matahari; stomata (pori-pori) di permukaan bawah lamina memungkinkan gas (karbon dioksida dan oksigen) keluar masuk daun; dan jaringan pembuluh yang ekstensif membawa air ke daun dan mengangkut glukosa hasil fotosintesis ke bagian lain tumbuhan.
2014-08-29T16:09:01+07:00
Pengertian Fotosintesis dapat kita lihat dari kalimat tersebut, yaitu foto adalah cahaya dan sintesis adalah proses, dengan pengertian fotosintesis adalah proses dimana tumbuhan melakukan proses menggunakan cahaya untuk membuat makanan dan menghasilkan. Bila dilihat dari reaksinya dari C02 + H20 ⇒(dengan bantuan cahaya matahari dan klorofil) C6H12O6(Karbohidrat) +O2+ ATP(energi)