Jawabanmu

2014-08-29T14:27:04+07:00
Perang Dunia II trjadi pd 1 September 1939 mpe 2 September 1945 yg mlibatkan sbagian bsar negara d dunia, trmasuk smua kkuatan2 bsar yg dibagi mnjd 2 aliansi militer yg berlawanan: Sekutu n Poros. Perang ini mrupakan perang trbesar spanjang sejarah dgn lbih dr 100 juta prsonil. Lbih dr 70 juta org, myoritas warga sipil, tewas. Hal ini mnjadikan PD II sbg konflik pling mmatikan dlm sejarah manusia. 
dikatakan bahwa peperangan dimulai saat Jerman menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939. 

Nah awal trjd di asia pasifik : 
-1937: Perang Sino-Jepang (jepang invasi k cina,sblum PD II) 
Dengan adanya tindakan Amerika Serikat dan negara lainnya yang memotong ekspor ke Jepang, maka Jepang merencanakan serangan terhadap Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 tanpa peringatan deklarasi perang; Hari berikutnya, pasukan Jepang tiba di Hong Kong, yang kemudian menyebabkan menyerahnya pasukan Inggris pada Hari Natal di bulan itu. 

-1940: Jajahan Perancis Vichy 
Pada 1940, Jepang menduduki Indocina Perancis (kini Vietnam) Aksi ini menguatkan konflik Jepang dengan Amerika Serikat dan Britania Raya yang bereaksi dengan memboikot kiriman minyak terhadap Jepang. 

-1941: Pearl Harbor, A.S. turut serta dalam perang, invasi Jepang di Asia Tenggara 
Pada 7 Desember 1941, pesawat Jepang melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor, Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina. Setelah serangan ini, Jepang menginvasi Filipina dan koloni-koloni Inggris di Hong Kong, Malaya, Borneo dan Birma dengan maksud selanjutnya menguasai ladang minyak Hindia Belanda. Seluruh wilayah ini dan daerah yang lebih luas lagi, jatuh ke tangan Jepang dalam waktu beberapa bulan saja. 

-1942: Invasi Hindia-Belanda 
Penyerbuan ke Hindia Belanda diawali dengan serangan Jepang ke Labuan, Brunei, Singapura, Semenanjung Malaya, Palembang, Tarakan dan Balikpapan yang merupakan daerah-daerah sumber minyak. Jepang sengaja mengambil taktik tersebut sebagai taktik gurita yang bertujuan mengisolasi kekuatan Hindia Belanda dan Sekutunya, 

-1942: Laut Coral, Port Moresby, Midway, Guadalcanal 
Pada Mei 1942, serangan laut terhadap Port Moresby, Papua Nugini digagalkan oleh pasukan Sekutu dalam Perang Laut Coral. Kalau saja penguasaan Port Moresby berhasil, Angkatan Laut Jepang dapat juga menyerang Australia. 

-1945: bom atom penyerahan Jepang dikota nagasaki dan hirosima, berakhir lh PD II di asia tenggara,..fiuuuh cape jg
14 3 14
2014-08-29T14:30:14+07:00
Pertamanya perang terus menyebar ke negara yg lain jadi perang deh........