Jawabanmu

2013-12-23T07:30:03+07:00
Kalo thenevin itu misal ada arus yg melewati kawat sebesar X. di kawat itu diganti dgn sumber tegangan independen dan hambatan yg disusun seri gimana caranya supaya arusnya tetap

kalo superposisi itu misal ada 2 buah loop dgn 2 buah sumber tegangan hilangkan salah satu tegangannya lalu hitung dengan rumus biasa tegangan dan arus pada kawat antar node
lalu hitung dengan arus dan tegangan pada setiap kawat yg sama tapi dengan menghilangkan sumber tegangan yg lainya

berarti sekarang ada 2 arus dan tegangan pada kawat yg sama, jumlahkan saja nanti ketemu arus dan tegangan yg sesungguhnya, jangan sampe salah di positip negatip

nb.ini materi buat lomba elektro di ITS sebenernya tapi timku gajadi berangkat T.T
Jawaban paling cerdas!
2013-12-23T07:46:21+07:00
Teorema Thevenin adalah salah satu teorema yang berguna untuk analisis sirkuit listrik. Teorema Thevenin menunjukkan bahwa keseluruhan jaringan listrik tertentu, kecuali beban, dapat diganti dengan sirkuit ekuivalen yang hanya mengandung sumber tegangan listrik independen dengan sebuah resistor yang terhubung secara seri, sedemikian hingga hubungan antara arus listrik dan tegangan pada beban tidak berubah.

 Teorema superposisi berlaku untuk semua rangkaian linir dan bilateral, jadi berlaku juga untuk semua rangkaian-rangkaian yang terdiri dari R,L, dan C asal saja elemen-elemen ini linear dan bilateral. Suatu elemen dikatakan linear bila antara tegangan pada elemen itu dan arus yang disebabkan oleh tegangan tersebut mempunyai hubungan yang linier bila di hubungkan pada elemen itu
1 5 1