Jawabanmu

2014-08-29T11:25:46+07:00
Jaringan Pelindung (epidermis)Jaringan dasar (parenkim)Jaringan Penguat (penyokong)Jaringan pengangkut (vaskuler)Jaringan Sekretoris
6 3 6
2014-08-29T11:35:27+07:00
1.       Jaringan MeristemJaringan meristem adalah jaringan yang terdiri dari sel-sel yang aktif membelah. Jaringan meristem yang terdapat di ujug batang dan ujung apikal disebut meristem apikal. Jaringan meristem apikal  menghasilkan pertumbuhan memanjang pada batang dan akar , pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer . Jaringan meristem yang terdapat pada ruas- ruas batang dan kambium pada batang tumbuhan dikotil dan Gymnospermae disebut meristem lateral . jaringan meristem lateral menyebabkan bertambahnya ukuran diameter batang, pertumbuhan ini disebut pertumbuhan skunder.2.       Jaringan DewasaJaringan Dewasa  adalah jaringan yang terbentuk dari deferensiasi dan spesialisasi jaringan meristem . jaringan dewasa sudah tidak memiliki sifat meristem lagi.1. Jaringan EpidermisJaringan Epidermis merupakan jaringan yang tersusun rapat , tanpa rongga antar sel, dan umumnya terdiri dari satu lapis sel. Jaringan Epidermis terdapat di seluruh permukaan tubuh tumbuhan , yang berfungsi sebagai pelindung jaringan-jaringan di bawahnya . Jaringan Epidermis mengalami modifikasi membentuk stomata, letisel, rambut akar, dan trikoma.2. Jaringan ParenkimJaringan Parenkim merupakan jaringan yang tersusun terdiri dari sel-sel yang telah dewasa namun dapat melakukan pembelahan. Fungsi jaringan parenkim , antara lain :- Parenkim asimilasi-> yaitu parenkim yang berfungsi untuk fotosintesis atau asimilasi karena mengandung klorofil. Parenkim asimilasi disebut juga kolenkim.
- Prenkim penyimpan cadangan makanan dan hasil fotosintesis.
- Prenkim penyimpan udara atau arenkim.
3. Jaringan PenyangkutJaringan Penyangkut pada tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu xilem dan floem.- Xilem ( pembuluh kayu ) -> berfungsi untuk mengangkut sir dan zat-zat yang terlarut di dalamnya dari akar menuju daun.- Floem ( pembuluh tapis ) -> berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh tubuh tumbuhan.4.Jaringan PenguatJaringan Penguat merupakan jaringan yang berfungsi untuk mendukung kokohnya  struktur bagian tumbuhan. Jaringan Penguat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kolenkim dan skelerenkim.- Kolenkim adalah Jaringan Penguat yang disusun oleh sel-sel yang masih hidup dengan dinding sel yang tipis dan mengalami penebalan pada sudut-sudut selnya . jaringan ini berfungsi sebagai penguat pada tumbuhan muda terdapat pada akar , batang  , daun, bunga, dan buah.- Skelerenkim adalah jaringan penguat yang sel-sel penyusunnya mengalami penebalan di seluruh bagian sel. Sel-sel  penyusun  skelerenkim  berupa sel yang mati dengan dinding sel dari zat lignin terdapat pada tumbuhan yang sudah berkayu. Jaringan ini berfungsi menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa.
10 3 10