Jawabanmu

2014-08-29T00:35:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
4x-7y = 1
1. 7x+y = 5
detA = 4(1)-7(-7) = 53
detx = 1(1)-5(-7) = 36
dety = 4(5)-7(1) = 13
x = detx/detA = 36/53
y = dety/detA = 13/53
-------------------------------- note : ini cara determinan
2.
x-y = 10 ----x = y + 10
3x-2y = -10
3(y+10) -2y = -10
3y + 30 -2y = -10
y = -10-30
y= -40
x= y+10 = -40+10 = -30
mk x,y = (-30,-40)

itu yang nomor 1 gabisa pake cara yang lain/?
bisa pake metode eliminasi...
Jawaban paling cerdas!
2014-08-29T00:52:26+07:00
1.
4x - 7y = 1.....(1)
7x + y = 5......(2)
Untuk mencari x, nol-kan y
Untuk mencari y, nol-kan x
(Pilih salah satu, kemudian substitusikan)
Saya mencari x dulu saja.
4x - 7y = 1 |x1|
7x + y = 5  |x7| -> agar koefisien y = 7 seperti persamaan (1)
Sehingga menjadi
4x   -  7y = 1
49x + 7y = 35
Lalu kita jumlah/kurangi (eliminasi), dalam hal ini untuk me-nol-kan y, kita jumlah kedua persamaan tersebut.
4x   -  7y = 1
49x + 7y = 35 +    -> eliminasi y maka dijumlah
53x + 0y = 36

53x = 36
x = 36/53

Substitusikan x pada salah satu persamaan untuk menemukan y.
Kita gunakan persamaan (2) saja
7x + y = 5
7(36/53) + y = 5
252/53 + y = 5
252/53 + y = 265/53
y = 265/53 - 252/53 = 13/53

Jadi nilai x dan y adalah 36/53 dan 13/53

Bisa juga menggunakan cara dengan me-nol-kan x untuk menemukan y lalu substitusikan dan hasilnya akan sama.

Btw angkanya kok ruwet ya? Maaf kalau ada kesalahan dalam perhitungan karena sudah ngantuk :p

2.
x - y = 10...............(1)
3x - 2y = -10...........(2)

x - y = 10        |x3|
3x - 2y = -10   |x1|

3x - 3y = 30
3x - 2y = -10 -     -> eliminasi x maka dikurangi
0x - y   = 40
-y = 40
y  = -40

Substitusikan pada persamaan (1)
x - y = 10
x      = 10 + y
x      = 10 + (-40)
x      = 10 - 40 = -30

Jadi, nilai x dan y adalah -30 dan -40

Catatan :
-Untuk eliminasi bebas menggunakan x atau y terlebih dahulu untuk dieliminasi.
-Untuk substitusi bebas menggunakan persamaan (1) atau (2) terlebih dahulu. Pilihlah yang sekiranya lebih mudah untuk dihitung.

Maaf bila ada kesalahan dalam perhitungan.
2 5 2