maksudnya 8^x-1 = 1/2 akar 32?
itu 1/2 per akar 32 atau 1 per 2 x akar 32?
@Tyoprabowoo iya itu maksudnya hehe tapi itu ngga ada ^ nya :)
@Junitadiaan iya benar 1/2 akar 32 :) tapi itu sama dengan dari 8 x-1 :)
tapi x-1 nya itu diatas 8 jadi kayak pangkat dari 8 gitu :)

Jawabanmu

2013-12-22T20:27:35+07:00
Coba ya aku coba coba

 8^{x-1}  \frac{1}{2}   \sqrt{32}
 2^{3(x-1)} =  \frac{1}{2}  x 4 \sqrt{2}
 2^{3x-3}  \frac{1}{2} 4 \sqrt{2}
 2^{3x-3}  2\sqrt{2}

keterangan =  \sqrt{2} = 1,41

3x-3 = 2 x 1,41
3x-3 = 2,82
3x    = 2,82 + 3
3x    = 5,82
x      = 5,82 : 3
x      = 1,94

klo ada yg ga ngerti tny aja ya :)
eh kepencet, tunggu blom slesai aku edit dulu
jgn pke desimal
akar 2 diubah aja jadi 2 pangkat (1/2)
jd
2akar2 diubah 2 pangkat 1+1/2 atau 2pangkat (3/2)
karena sama2 2 pangkat, maka
3x-3=3/2
3x=9/2
x=3/2
masa sih kak 2 akar 2 bisa di ubah ke bilangan 2 pangkat 3/2 ? coba dimasukin ke soal nya , x = 3/2 , kalo x = 3/2 , hasilnya beda kak. jd mungkin krg tepat
sama,
8^(3/2-1)
8^(1/2)
V8
2V2
nah ruas kanan klo dikerja juga 2V2 kan
oh iya2 sy salah maaf hehehe