Jawabanmu

2016-12-03T17:48:07+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dalam bahasa Sunda dikenal adanya tingkatan penggunaan bahasa, mulai dari bahasa yang halus sampai dengan bahasa yang kasar. Menurut catatan, terdapat sampai enam tingkatan penggunaan bahasa, tetapi dalam praktek penggunaan sehari-hari, umumnya dikenal hanya dua tingkatan bahasa saja, yaitu bahasa halus dan kasar atau biasa atau dalam bahasa Sunda disebut bahasa "loma".

Untuk kalimat "aku mau tidur", terjemahan yang halusnya adalah "simkuring bade mondok" atau "abdi bade mondok". Sedangkan "simkuring hoyong mondok" atau "abdi hoyong mondok" artinya adalah "saya ingin tidur". Memang bisa saja "aku mau tidur" diterjemahkan ke dalam bahasa Sunda menjadi "abdi hoyong mondok", jika yang dimaksud dengan "mau" itu adalah "ingin", bukan "akan". Tetapi jika yang dimaksud dengan "mau" itu adalah "akan", maka dalam bahasa Sundanya adalah "bade".

Kalimat "aku mau tidur", terjemahan kasar atau bahasa "loma" nya adalah "kuring rek sare" atau "kuring hayang sare".  
2 5 2