Jawabanmu

2014-02-19T10:40:45+07:00
Saya jawab menggunakan gambar berikut  serta penjelasan :
Gymnospermae berasal dari Progymnospermae melalui proses evolusi biji. Hal tersebut dapat dilihat dari bukti-bukti morfologi yang ada. Selanjutnya Progymnospermae dianggap sebagai nenek moyang dari tumbuhan biji. Progymnospermae mempunyai karakteristik yang merupakan bentuk antara Trimerophyta dan tumbuhan berbiji. Meskipun kelompok ini menghasilkan spora, tetapi juga menghasilkan pertumbuhan xylem dan floem sekunder seperti pada Gymnospermae. Progymnospermae juga sudah mempunyai kambium berpembuluh yang bifasial yang mampu menghasilkan xilem dan floem sekunder. Kambium berpembuluh merupakan ciri khas dari tumbuhan berbiji. Salah satu contoh Progymnospermae adalah tipe Aneurophyton yang hidup pada jaman Devon, sudah menunjukkan system percabangan tiga dimensi dengan stelenya yang bertipe protostele. Contoh lainnya adalah tipe Archaeopteris yang juga hidup di jaman Devon. Kelompok ini dianggap lebih maju karena sudah menunjukkan adanya system percabangan lateral yang memipih pada satu bidang dan sudah mempunyai struktur yang dianggap sebagai daun. Batangnya mempunyai stele yang bertipe eustele yang menunjukkan adanya kekerabatan dengan tumbuhan berbiji yang sekarang.
2014-02-19T10:44:57+07:00
Daur hidup tumbuhan berbiji terbuka menunjukan adanya persamaan dengan tumbuhan paku heterspora. Pada  generasi sporofit, tumbuhan gimnosperma menghasilkan heterospora yaitu berupa mikrospora dan megaspora. Mikrospora berkembah menjadi mikrogametofit (gametofit jantan) dan berisi serbuk sari.Setelah mereka dilepas, butir serbuk sari berkembang menjadi dewasa berupa sperma. Sementara itu megaspora berkembang menjadi megagametofit (gametofit betina).

Pada saat penyerbukan, serbuk sari melekat pada bakal biji. Selanjutnya sperma bergerak menuju sel telur melalui buluh sebuk sari. Jika terjadi  pembuaahan , maka terbentuk zigot yang berkembang menjadi embrio dan biji. Jika biji tersebut jatuh pada tempat yang sesuai, maka biji akan tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan baru.