Bu anita menyewa tenaga 6 penjahit yang mampu menyelesaikan 24 setel baju dalam waktu 6 hari. Suatu hari, Bu anita mendapat pesanan dari sebuah instansi sebanyak 400 setel baju yang harus selesai dalam waktu 30 hari. Untuk memenuhi pesanan, Bu anita harus menambah penjahit yang mempunyai kualitas yang sama sebanyak ...
tolong pleaseee cara penyelesaiannya gimanaa help mee .. :)

2

Jawabanmu

2013-12-22T19:17:50+07:00
Kalo menurutku ya, tp gak tau bner atau enggak

pake persamaan lagi.
6 . 24 . 6 = 400 . 30 .x
24 . 36 = 12000x
874 = 12000x

x = 12000:874
x = 13,..... sekitar 14 orang karena jawabannya desimal.

keterangan :
. = dikali
x = jumlah penjahit yang diperlukan

tunggu jawaban yg lain :) 
hi Junitadiaan makasih yah jawabannya.. :) menurut kunci jawaban di buku akku sihh kamu bener 14 jawabannya ;) thanks yah .. cuman penjelasannya ajah yang akku belum ngertii hehe kayak yang ini " 6 . 24 . 6 = 400 . 30 .x " itu btw yang 30 tuh terakhir dikali x atau gimana ngga jelas hehe
oooh yang itu, itu tuh pake persamaan

kan menurut soal nya itu 6 penjahit 24 setel baju 6 hari.
nah yang diminta kan 400 setel dalam waktu 30 hari.

kita masukin aja ke dalam persamaan..
nah kan penjahit nya gak diketahui berapa, itu yang kita cari, kita simbolin menjadi x aja ( jumlah x orang) begitu,....
klo belum mengerti tanya lg gpp kok :)
Jawaban paling cerdas!
2013-12-22T20:06:29+07:00
Mirip dengan kecepatan,
kecepatan=\frac{jarak}{waktu}

klo disini
kecepatan \ menjahit=\frac{banyak \ baju}{hari \times penjahit}

karena kualitas penjahit sama, maka kecepatan menjahitnya jg sama
kecepatan \ menjahit=\frac{banyak \ baju}{hari \times penjahit}=\frac{banyak \ baju}{hari \times penjahit}\\\\
 \frac{24}{6\times 6} = \frac{400}{30\times x} \\\\
24\times 30\times x = 400\times 6\times 6\\\\
x= \frac{400\times 6\times 6}{24\times 30} \\\\
x=20

20 orang yg bekerja disitu, jadi perlu tambahan 14 penjahit
1 5 1