Jawabanmu

2014-08-28T20:19:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kantong empedu adalah organ kecil yang terletak di dekat pertengahan perut daerah tubuh . Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan empedu yang berasal dari hati . Empedu merupakan zat yang membantu dalam pencernaan lemak . lemak tidak larut dalam air, sehingga dalam rangka untuk mengemulsi lemak khusus sesuatu yang diperlukan. hati memproduksi empedu dan kemudian menyimpannya di dalam kantong empedu hingga tubuh perlu mencerna lemak. Ketika saat ini tiba, kantong empedu mulai untuk membiarkan aliran empedu ke dalam usus, di dalam duodenum, di mana lemak dicerna dengan bantuan dan kemudian diserap oleh organisme. 
Sementara empedu duduk di kantong empedu, air dari itu mencurahkan keluar melalui dinding kantong empedu, membuat empedu lebih terkonsentrasi dan karena itu lebih efektif. Empedu juga menetralkan beberapa asam yang ditemukan dalam jenis makanan tertentu. Sama seperti setiap organ lain dalam tubuh, kantong empedu dapat kerusakan dan menyebabkan penyakit.
2014-08-28T20:28:27+07:00
1.Penawar racun.
2.Membunuh kuman.
3.Menguraikan sel-sel darah merah yang sudah rusak dalam sel-sel khusus yang disebut histiosit.
4.Memecah hemoglobin sel darah merah menjadi zat besi, globin, dan hemin. Zat besi disimpan dalam hati untuk dikembalikan kedalam sumsum tulang. Globin digunakan lagi untuk metabolisme protein atau pembentukan Hb baru. Hemin diubah menjadi zat warna empedu(bilirubin dan biliverdin). Zat warna empedu kemudian dikeluarkan ke duodenum dan dioksidasi menjadi urobilin. Urobilin ini memberi warna pada urine dan feses.
5.Menghasilkan enzim arginase yang berfungsi untuk menguraikan asam amino arginin menjadi asam amino ornitin dan urea.
6.Menyimpan glikogen, tembaga, dan beberapa jenis vitamin.
7.Mengatur kadar gula dalam darah atau hormon insulin.
8.Mengubah provitamin A menjadi vitamin A.
9.Memproduksi zat antibodi, yaitu zat yang membuat tubuh kebal terhadap penyakit tertentu.
10.Sebagai tempat pembentukan dan penguraian protein-protein tertentu.