Assalamu'alaikum wr.wb
Indonesia terletak diantara 2 benua yakni benua ASIA DAN AUSTRALIA sehingga menyebabkan Indonesia memiliki pola arah angin yang selalu berganti setiap setengah tahun sekali,mengapa demikian?berikan penjelasan!
wassalamu'alaikum wr.wb

2
pengaruh angin muson barat (dari asia) yg menyebabkan musim penghujan, dan angin muson timur (dari australia) yg menyebabkan musim kemarau
ass,terimakasih:)wassalam

Jawabanmu

2014-08-28T19:58:03+07:00
Karena pengaruh angin muson
barat : Asia
timur : australia
karena berdasarkan pembagiaan iklim matahari yg meliputi iklim tropis ,subtropis ,sedang, dan dingin / kutub , maka indonesia terletak di daerah yg beriklim tropis. indonesia jg terletak di antara 2 benua , yakni asia dan australia , sehingga menyebabkan indonesia memiliki pola arah angin yg selalu berganti setiap setengah tahun sekali , yakni angin musim barat dan angin musim timur ., dan jg menyebabkan musim penghujan dan kemarau setiap setengah tahun sekali ..
ok
assalamu'alaikum wr.wb,terimakasih semua:)wassalam
Jawaban paling cerdas!
  • tnm3
  • Gemar Membantu
2014-08-28T20:02:50+07:00
Karena matahari kebanyakan terletak di bagian selatan (australia) pada bulan okt-april dan menyebabkan tekanan udara di bagian utara (asia) tinggi sehingga angin yang bertiup dari asia ke australia mengakibatkan musim hujan atau muson barat. dan sebaliknya :) cuma saja kalau angin muson timur matahari kebanyakn terletak di bagian utara  (april-okt) dan mengakibatkan musim kemarau.
1 5 1