1. pak ketut akan membangun rumah di atas sebidang tanah berbentuk persegi panjangnya 30m dan lebarnya ( 2y + 1 ) m. jika luas pak ketut tidak lebih dari 150m² :

a) Berapakah lebar tanah pak ketut yang paling besar ?
b) Biayanya membangun 1m² dibutuhkan uang empat setengah juta rupiah, berapakah biaya maksimal yang hatus disediakan pak ketut jika seluruh tanahnya dibangun ?

#. di mohon agar memakai cara panjang.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-18T23:34:37+07:00
L = p × l
150 = 30 × (2y + 1)
 \frac{150}{30} = 2y + 1
5 = 2y + 1
2y = 5 - 1
2y = 4
y = 2 m

l = 2y + 1
l = 2 × 2 + 1
l = 4 + 1
l = 5 m

Total biaya = L × biaya per m
                = 150 × Rp 4.500.000,-
                = Rp 675.000.000,-
2 5 2
2014-02-19T05:28:20+07:00
A. luas = p x l
150  m^{2} = 30 m (2y + 1) m
150 m^{2} = 60y m + 30 m^{2} .
150 m^{2} - 30 m^{2} = 60y m
120  m^{2} = 60y m
 \frac{120  m^{2} }{60 m} = y
2 m = y

lebar = {2y + 1} m 
        = {2(2) + 1} m
        = {4 + 1} m
        = 5 m
b. luas 150 m^{2}
harga seluruh tanah = 150 m^{2}  × 4,5 juta
                              = Rp. 675.000.000,00

1 5 1