Jawabanmu

2014-02-19T16:24:03+07:00
Dalam fonetik dan fonologi , artikulasi adalah gerakan lidah , bibir , rahang , dan organ-organ bicara lain ( artikulator ) untuk membuat suara pidato .

Suara diproduksi hanya dengan mengeluarkan udara dari paru-paru . Namun, untuk memvariasikan kualitas suara dengan cara yang dapat berguna untuk berbicara , dua organ pidato biasanya perlu datang dekat satu sama lain untuk menghubungi satu sama lain , sehingga tercipta suatu obstruksi yang membentuk udara dengan cara tertentu . Titik obstruksi maksimum dikenal sebagai tempat artikulasi , dan cara di mana obstruksi terbentuk dan dirilis dikenal sebagai cara artikulasi . Misalnya, ketika membuat suara ap , dua bibir datang bersama-sama erat , menghalangi udara untuk beberapa saat dan menyebabkan penumpukan tekanan udara . Bibir kemudian dilepaskan tiba-tiba , menyebabkan ledakan suara . Tempat artikulasi suara ini karena itu disebut bilabial , dan cara ini disebut stop ( juga dikenal sebagai plosif a) .

Artikulasi dapat ditunjukkan dengan pencitraan resonansi magnetik untuk menunjukkan bagaimana lidah , bibir dan rahang bergerak dan naik turunnya langit-langit lunak . Gerakan tersebut mengubah sifat resonansi dari saluran vokal , dan memaksakan "struktur forman waktu bervariasi " ke sinyal suara . [ 1 ] Studi artikulasi dalam membuat pidato disebut fonetik artikulasi .