Jawabanmu

  • 2ne1
  • Gemar Membantu
2014-08-28T19:42:55+07:00
Napak Tilas Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia Dalam postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang HAM
Pertama saya akan menjelaskan apa arti HAM tersebut.
Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki oleh setiap manusia sejak ia lahir sebagai anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa.

A. Kasus-Kasus Pelanggaran HAM
  Banyak kasus pelanggaran HAM yang terjadi di indonesia yang di sebabkan karena, manusia lebih mengedepankan hak dari pada kewajiban asasinya. Pernahkah kalian membaca atau mendengar berita tentang pelanggaran HAM ? Tentu pernah, bila kalian rajin mengikuti berita dari media cetak ataupun media elektronik.
a. Kerusuhan Tanjung Priok, tanggal 12 September 1984. dalam kasus ini sebanyak 24 orang tewas, 36 orang luka berat, dan 19 orang luka ringan.
b. Pelanggaran HAM di daerah konflik yang diberikan status Daerah Operasi Militer (DOM), di Aceh. Peristiwa ini telah menimbulkan bentuk bentuk pelanggaran HAM terhadap penduduk sipil yang berupa penyiksaan, penganiayaan, dan pemerkosaan yang berulang-ulang dan dengan pola yang sama.
c. Sepanjang Tahun 80-an, dalam rangka menanggulangi aksi-aksi kriminal yang semakin meningkat, telah terjadi pembunuhan terhadap "para penjahat" secara misterius yang terkenal dengan istilah "petrus" (penembakan misterius).
d. Penembakan mahasiswa Universitas Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998. Dalam kasus ini korban yang meninggal di antaranya : Hery Hartanto, Elang Mulya Lesmana, Hendrawan Sie, Hapidin Royan dan Alan Mulyadi.
e. Tragedi Semanggi I pada tanggal 13 November 1998. Dalam kasus ini lima orang korban meninggal, yaitu Bernadus Irmawan, Teddy Mahdani Kusuma, Sigit Prsetyo, Muzamil Joko Purwanto dan Abdullah. Kemudian terjadi lagi tragedi Semanggi II pada tanggal 24 September 1999 yang memakan lima korban yaitu, Yap Yun Hap, Salim Ternate, Fadli, Denny Yulian, dan Zainal.
1 1 1