Jawabanmu

2014-08-28T19:03:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Menurut ilmu geologi, Indonesia juga terletak diantara dua dangkalan besar, yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Dangkalan itu sendiri adalah wilayah laut dangkal yang menghubungkan wilayah daratan yang sangat besar (bisa negara, kawasan, ataupun benua). Dangkalan sunda berada didaerah Indonesia bagian barat yang berhubungan langsung dengan Benua Asia. Dangkalan ini mencakup wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Madura, Bali dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Sedangkan Dangkalan Sahul berada di Indonesia bagian timur yang berhubungan langsung dengan Benua Australia. Dangkalan Sahul mencakupi wilayah yang sangat luas, membentang dari bagian utara Papua hingga bagian utara Benua Australia.
3 3 3
2014-08-28T19:31:27+07:00
Perbedaannya yaitu bagian Timur terletak di dangkalan Sahul yang menghubungkan Indonesia dengan benua Australia yang menyebabkan kesamaan flora dan fauna yang ada di Asia dan Australia, sedangkan  bagian tengah terletak di laut dalam menyebabkan flora dan fauna tidak memiliki kesamaan dengan Asia dan Australia, namun flora dan fauna itulah yang  merupakan asli dari Indonesia.
2 4 2