Jawabanmu

2014-08-28T18:28:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Teori Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro Perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro terletak pada penekanan. Ekonomi mikromembahas perilaku unit ekonomi secara individual seperti tingkah laku individual konsumenrumah tangga, perusahaan atau produsen, dan pemerintah dengan unit-unitnya dalammenetukan pilihan (choice). Ekonomi Mikro juga mempelajari bagaimana interaksi ketiga pelaku ekonomi ini dikoordinasikan oleh kekuatan pasar. Pasar dalam Ekonomi Mikromempunyai tiga fungsi penting. Pertama, pasar berfungsi untuk menyebarkan informasi agar sumberdaya yang terbatas jumlahnya dapat dipakai pada tempat yang paling efisien danmenguntungkan. Pasar menyampaikan informasi ini kepada pelaku ekononmi melalui harga barang dan jasa. Kedua, pasar berfungsi untuk memberikan insentif kepada pelaku ekonomi.Konsumen akan menggunakan sumberdaya (uang) yang terbatas dengan hati-hati agar mendapatkan kepuasan yang maksimal dari uang tersebut. Demikian juga produsen akanterdorong meningkatkan produksi dan menekan biaya produksi agar bisa meraih keuntunganyang tinggi. Keuntungan adalah insentif yang sangat kuat dibelakang aktifitas manusia.Ketiga, pasar juga mendistribusikan pendapatan sesuai dengan usaha dan ketrampilan yangdimiliki oleh setiap individu. Bisnis yang berani mengambil resiko dan membuat keputusandengan benar besar kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang tinggi dibandingkandengan bisnis yang salah mengambil keputusan dan tidak berani mengambil resiko.Ekonomi makro, sesuai dengan kata ¶makro¶ berarti besar, mengkaji tingkah laku pelakuekonomi dalam skala besar atau disebut juga dengan Aggregat dan kebijaksanaan ekonomi Nasional secara keseluruhan yang meliputi antara lain interaksi antara pasar barang, tenagakerja, dan pasar aset dan interaksi antara ekonomi negara-negara yang berdagang satu samalainnya. Ekonomi makro juga mempelajari kebijakan ekonomi dan pengaruhnya terhadapvaraibel-variabel ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, dan variableagregat lainnya.Pasar pada ekonomi makro dibedakan berdasarkan jenis komoditi aggregate yangditransaksikan, yaitu pasar barang, pasar tenaga kerja, dan pasar uang atau financial.Sedangkan pada ekonomi mikro pasar dibedakan menurut individu komoditi, misalnya pasar  beras, pasar jagung, pasar pakaian dan lain-lain dengan ketiga fungsinya seperti yangditerangkan diatas. Karena ekonomi makro berbicara pada tataran aggregate maka pasar  barang adalah pasar aggregate bukan individu komoditi seperti pada ekonomi mikro. Artinyakurva supply dan demand pada ekonomi makro adalah kurva yang menunjukkan hubunganantara harga aggregate dan barang aggregate. Kedua kurva ini disebut dengan AggregateDemand (AD) dan Aggregate Supply (AS). Dengan kata lain AD adalah penjumlahan darifungsi Demand induvidu konsumen. Pada ekonomi mikro hanya disebut Demand dan Supply.
jadikan jawaban terbaik yahh
ekonomi mikro : suatu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis bagian2 kecil dr kegiatan ekonomi (aspek2 yg dipelajari : teori permintaan, teori penawaran, bentuk2 pasar, industri, dll)
sedangkan ekonomi makro menganalisis seluruh kegiatan kegiatan ekonomi (aspek2 yg dipelajari : pependapatan nasional, kurs faluta asing, inflasi, kesempatan kerja, dll)
terima kasih ya telah membantu saya
2014-08-28T19:06:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ekonomi mikro adalah teori ekonomi yang melihat permasalahan ekonomi secara sempit atau khusus
ekonomi makro adalah teori ekonomi yang membahas permasalahan ekonomi yang dilihat secara keseluruhan atau dalam lingkup yang luas