Jawabanmu

2014-02-18T20:38:43+07:00
Menurut saya Anomali air adalah suatu peristiwa dimana es akan mengambang dan lebih ringan daripada air pada suhu 4 derajad celcius.sedangkan Bimetal adalah sensor suhu atau sensor temperatur yang sangat populer digunakan karena kesederhanaan yang dimilikinya.


peristiwa anomali air cuma terjadi pada es saja kah?
Iya karna pada suhu 4 derajat celcius air memperluas pemanasan atau pendinginan . Maksimum kepadatan ini bersama-sama dengan hasil kepadatan es rendah ( i ) kebutuhan bahwa semua badan air tawar ( bukan hanya permukaannya ) dekat dengan 4 ° C sebelum pembekuan apapun dapat terjadi , ( ii ) pembekuan sungai , danau dan lautan adalah dari atas ke bawah , sehingga memungkinkan kelangsungan hidup ekologi bawah , isolasi air dari pembekuan lebih lanjut , memantulkan kembali sinar matahari ke ruangan.
Yap... terimakasih banyak :)
Sama Sama :)
2014-02-18T20:52:36+07:00
Anomali Air
Khusus untuk air, pada kenaikan suhu dari 0º C sampai 4º C volumenya tidak bertambah, akan tetapi justru menyusut. Pengecualian ini disebut dengan anomali air. Oleh karena itu, pada suhu 4ºC air mempunyai volume terendah. Hubungan volume dengan suhu pada air dapat digambarkan pada grafik berikut.
Pada suhu 4ºC, air menempati posisi terkecil sehingga pada suhu itu air memiliki massa jenis terbesar. Jadi air bila suhunya dinaikkan dari 0ºC – 4ºC akan menyusut, dan bila suhunya dinaikkan dari 4ºC ke atas akan memuai. Biasanya pada setiap benda bila suhunya bertambah pasti mengalami pemuaian. Peristiwa yang terjadi pada air itu disebut anomali air. Hal yang sama juga terjadi pada bismuth dengan suhu yang berbeda. Lakukan kegiatan berikut untuk menyelidiki kecepatan pemuaian pada berbagai macam zat cair.

Keping bimetal adalah dua buah keping logam yang memiliki koefisien muai panjang berbeda yang dikeling menjadi satu. Keping bimetal sangat peka terhadap perubahan suhu. Pada suhu normal panjang keping bimetal akan sama dan kedua keping pada posisi lurus. Jika suhu naik kedua keping akan mengalami pemuaian dengan pertambahan panjang yang berbeda. Akibatnya keping bimetal akan membengkok ke arah logam yang mempunyai koefisien muai panjang yang kecil.